kelumpuhan pita suara

4 Cara Mengatasi Kelumpuhan Pita Suara

Kelumpuhan pita suara adalah sautu kondisi kesehatan yang mempengaruhi dua lipatan jaringan di kotak suara Anda yang disebut pita suara. Nah, lipatan tersebut sangat penting untuk mempuan Anda dalam berbicara, bernapas, dan menelan.

Lalu, bagaimana jika pita suara Anda mengalami kelumpuhan? Apa yang kira-kira akan terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kelumpuhan pita suara Anda atau kenalan Anda.

Gejala kelumpuhan pita suara

Gejala pita suara yang mengalami kelumpuhan bisa sangat bervariasi berdasarkan penyebabnya dan apakah salah satu dari kedua pita suara Anda terpengaruh. Anda mungkin akan mengalami satu atau lebih dari gejala berikut:

  • Suara serak atau kehilangan kemampuan berbicara
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas
  • Ketidakmampuan untuk menaikkan volume suara Anda
  • Perubahan suara Anda
  • Sering tersendak saat makan atau minum
  • Napas berisik

Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut atau Anda mendeteksi adanya perubahan signifikan pada pola bicara dan kualitas suara Anda, hubungi dokter THT untuk evaluasi.

Penyebab kelumpuhan pita suara

Kelumpuhan pita suara biasanya dipicu oleh kejadian medis atau kondisi kesehatan lainnya. seperti:

  • Cedera dada atau leher
  • Stroke
  • Tumor, baik jinak atau ganas
  • Peradangan atau jaringan parut pada sendi pita suara karena ketegangan atau infeksi
  • Kondisi neurologis, seperti MS, penyakit Parkinson, atau miastenia gravis

Cara mengatasi kelumpuhan pita suara

Kelumpuhan pita suara perlu didiagnosis dan dirawat oleh seorang profesional medis. Tidak ada perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan untuk kondisi ini. Berikut beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan.

  1. Terapi suara

Terkadang kelumpuhan pada pita suara sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu tahun. Untuk alasan ini, dokter mungkin merekomendasikan terapi suara untuk mencoba memulihkan komunikasi saraf otak dan laring Anda sebelum merekomendasikan operasi.

Ahli patologi wicara bahasa bersertifikat membantu dalam perawatan ini. Terapi suara bertujuan untuk meningakatkan fungsi pita suara Anda melalui latihan berulang sederhana yang melatih kembali pita suara. Latihan bertujuan untuk mengubah cara Anda menggunakan suara dan intsruksi tentang berbagai cara bernapas.

Jika gejala kelumpuhan pita suara tidak sepenuhnya pulih dengan sendirinya, maka perawatan bedah mungkin ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan Anda berbicara dan menelan. Pilihan pembedahan meliputi

  • Injeksi massal

Kelumpuhan saraf ke pita suara Anda mungkin akan membuat otot pita suara Anda tipis dan lemah. Untuk menambah masa pita suara yang lumpuh, ahli laringologi dapat menyuntikkan pita suara Anda dengan zat seperti lemak tubuh, kolagen, atau bahan pengisi lain yang disetujui.

Massa tambahan ini membawa pita suara yang terpengaruh lebih dekat ke tengah kota suara Anda sehingga pita suara yang berfungsi dan bergerak dapat membuat kontak lebih dekat dengan pita suara yang lumpuh saat Anda berbicara, menelan atau batuk.

  • Reposisi pita suara

Dlaam prosedur ini, seorang ahli bedah memindahkan jendela jaringan Anda dari luar kotak suara Anda ke dalam, mendorong pita suara yang lumpuh ke tengah kotak suara Anda. Hal ini memungkinkan pita suara Anda yang tidak rusak bergetar lebih baik terhadap pasangannya yang lumpuh.

  • Trakeotomi

Jika kedua pita suara Anda lumpuh dan diposisikan berdekatan, aliran udara Anda akan berkurang. Dalam situasi ini, Anda akan mengalami banyak kesulitan bernapas dan memerlukan prosedur pembedahan yang disebut trakeotomi.

Dalam trakeotomi, sayatan dibuat di depan leher Anda dan lubang dibuat langsung ke pipa angina (trakea). Sebuah tabung pernapasan dimasukkan, memungkinkan udara melewati pita suara yang tidak bisa bergerak.

Mengobati kelumpuhan pita suara tidak selalu membuat pita suara Anda kembali seperti sebelumnya. Karena penyebab kelumpuhan melibatkan kerusakan saraf atau kondisi kesehatan yang progresif mengoreksi kelumpuan itu sendiri mungkin sulit dilakukan. Namun, gejala kelumpuhan biasanya dapat diobati meski tidak bisa cepat. Segera buat janji dengan dokter jika gejala kelumpuhan Anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *