5 Penanganan Pertama Kaki Keseleo, Atasi dengan Voltaren Gel

Orang yang sering berolahraga biasanya sering mengalami cedera seperti kaki terkilir atau keseleo. Ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan menghadapi kondisi ini, yaitu mengompres dengan es, membalut dengan perban, dan mengonsumsi obat atau krim oles seperti Voltaren gel.

Saat mengalami keseleo, penanganan cedera harus segera dilakukan dalam 72 jam pertama. Jangan mengurut kaki yang terkilir karena bisa memperburuk kondisi cedera. 

Pertolongan Pertama pada Kaki Keseleo

Keseleo atau terkilir terjadi saat satu atau lebih ligamen pergelangan kaki robek atau tertarik. Hal ini menyebabkan penderita akan merasa sakit bahkan mengalami bengkak di area yang cedera. Pergelangan kaki pun akan sulit digerakkan maupun berjalan. Kulit di area yang terkilir juga bisa mengalami kemerahan atau memar dan terasa hangat.

  1. Jangan menggerakkan kaki yang mengalami cedera

Setelah kaki terkilir atau keseleo, usahakan untuk tidak menggerakkan kaki yang cedera apalagi digunakan untuk berjalan. Kurangi pergerakan Anda 24-48 jam setelah cedera.

Mintalah bantuan orang lain jika Anda harus berpindah posisi. Bisa juga menggunakan alat bantu berupa tongkat untuk bergerak maupun berjalan.

  1. Kompres dingin

Ini yang perlu diperhatikan dengan seksama. Setelah terjadi cedera, jangan mengompres bagian yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot selama 24 jam pertama. Ini bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan.

Anda perlu melakukan kompres es batu berlapis dengan handuk maupun kain. Bisa juga dengan menggunakan kompres dingin instan yang dijual di toko-toko.

Kompreslah area yang mengalami cedera terus menerus selama 15-20 menit, ulangi hingga 3-5 kali sehari. Hal ini akan membantu mengurangi nyeri dan bengkak. Jangan pula menempelkan es batu secara langsung ke kulit karena bisa berisiko mengalami radang dingin.

  1. Posisikan kaki keseleo lebih tinggi 

Setelah mengompres kaki yang keseleo, Anda bisa mengangkat kaki perlahan dan posisikan lebih tinggi dari jantung Anda saat berbaring. Gunakan bantal untuk menyangga tumit. 

Ketika duduk, usahakan agar kaki yang keseleo sejajar atau lebih tinggi dari pinggang.

  1. Bebat kaki keseleo

Sebaiknya, bebatlah area yang mengalami keseleo agar membatasi pergerakan pergelangan kaki Anda. Gunakan pembalut perban elastis di antara jari kaki dan bungkus telapak kaki dan ke tumit bagian atas hingga pergelangan kaki.

Usahakan agar Anda membungkus pergelangan kaki beberapa sentimeter di atas bagian yang mengalami cedera. Pastikan juga tidak ada kulit yang terlihat. Jangan bebat terlalu kencang karena bisa membuat aliran darah terhambat dna menyebabkan rasa nyeri.

  1. Minum obat pereda nyeri

Jika terasa nyeri, Anda bisa konsumsi obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), misalnya ibuprofen untuk menghilangkan rasa nyeri.

Tapi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat jenis ini. Terutama bila Anda memiliki kondisi medis atau alergi tertentu.

Atasi Keseleo dengan Voltaren Gel

Selain melakukan berbagai langkah pertolongan pertama mengatasi keseleo, Anda juga bisa menghilangkan nyeri dengan Voltaren Gel. 

Voltaren Emulgel ini bermanfaat untuk meredakan nyeri dan peradangan otot juga sendi. Di dalamnya mengandung sodium diklofenak yang merupakan golongan obat antiinflamasi non-steroid. 

Kandungan sodium diklofenak ini bisa meredakan nyeri dan mengurangi peradangan karena terkilir, rematik ringan, cedera olahraga, dan kondisi lainnya. 

Gel ini mudah menyerap di kulit, tidak lengket, memberikan efek menyejukkan, dan tidak berbau menyengat. 

Anda bisa mengoleskan Voltaren Gel ke bagian tubuh yang terasa nyeri lalu gosok lembut hingga gel meresap ke dalam kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *