5 Penyakit Bergejala Jari Tangan Bengkak dan Gatal

Apa yang Anda di pikiran Anda ketika mengalami jari tangan bengkak dan gatal?  Kebanyakan orang menganggap jari tangan bengkak dan gatal hanyalah respons tubuh akibat cuaca yang terlalu panas ataupun efek gigitan serangga. Hal tersebut tidak salah. Namun, Anda juga perlu mewaspadai jika rasa gatal dan bengkak yang dialami tangan Anda bersumber dari penyakit serius yang tengah menggerogoti tubuh Anda. 

Pasalnya, banyak penyakit yang cukup serius ternyata memiliki gejala jari tangan bengkak dan gatal. Ciri-ciri pembengkakan dan rasa gatal yang bersumber dari penyakit tertentu adalah kondisinya yang sulit mereda dan bersifat kambuhan. 

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang kerap menimbulkan gejala jari tangan bengkak dan gatal. Jika Anda memang memiliki riwayat di bawah ini dan belakangan menemui gejala pembengkakan dan rasa gatal di jari tangan, jangan ragu untuk kembali memeriksakan diri ke dokter. 

  1. Gangguan Ginjal 

Ginjal berfungsi membuang limbang dan cairan ekstra dari tubuh Anda. Jika kinerja ginjal tidak optimal, gejala jari tangan bengkak dan gatal akan sangat mudah menghampiri. Pasalnya, penumpukan cairan akan lebih mudah menyasar bagian jari-jari tangan, kaki, maupun sekitar mata. Cobalah untuk memeriksa kondisi ginjal Anda secara lebih menyeluruh untuk memastikan Anda tidak membutuhkan tindakan cuci darah ataupun transplantasi. 

  1. Penyakit Asam Urat 

Kadar asam urat yang dianjurkan bagi orang dewasa tidak lebih dari 7 miligram per desiliter. Jika lebih dari itu, Anda terkategori mengalami penyakit asam urat yang rentan menimbulkan rasa nyeri di bagian sendi hingga memicu pembengkakan. Pembengkakan karena asam urat yang berlebih mengkristal umumnya terjadi di bagian sendi gerak, entah di tangan maupun kaki. Jari-jari tangan pun rentan mengalaminya. Pembengkakan yang timbul akibat kristal asam urat ini tidak jarang disertai rasa gatal yang menyebalkan. 

  1. Psoriaris 

Psoriasis adalah kondisi yang membuat sel-sel kulit cepat menumpuk dan memicu pembengkakan. Penyakit ini juga membuat munculnya bercak dan sisik pada kulit yang terasa sangat gatal. Jari tangan bengkak dan gatal pun tidak jarang menjadi bagian gejala psoriaris yang tampak jelas. Ini karena psoriasis dapat memengaruhi berbagai area tubuh seseorang, terutama persendian, jari, dan kuku. Selain bengkak dan gatal, bagian tubuh yang tedampak psoriaris juga kerap mengalami peradangan hingga darah keluar. 

  1. Skleroderma 

Skleroderma merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Orang yang terkena penyakit ini akan mengalami pembentukan kolagen berlebih yang mengental dan mengeras di bagian kulit. Tidak jarang, penderita scleroderma akan mengalami jari tangan bengkak dan gatal hingga menggelembung seperti sosis pada tahap-tahap awal. Untuk tahap selanjutnya, organ yang terpapar sangat mudah terluka. Skleroderma merupakan penyakit yang tidak bisa sembuh, namun gejalanya dapat dikurangi dengan pengobatan yang tepat.

  1. Diabetes 

Tidak semua orang yang terkena diabetes akan mudah mengalami jari tangan bengkak dan gatal. Hanya penderita diabetes neuropatilah yang rentan mengalami gejala ini. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi membuat kerusakan saraf yang membuat tangan dan kaki maupun area lain yang memiliki banyak saraf tepi sensitif terhadap sentuhan. Kesensitifan inilah yang membuat jari tangan maupun bagian tubuh lainnya yang mengalami kerusakan saraf akan mudah merasa gatal dan mengalami pembengkakan. Mengontrol dan menurunkan gula darah menjadi kunci untuk meredakan gejala jari tangan bengkak dan gatal yang dipicu oleh diabetes jenis yang satu ini. 

Jika Anda merasa tidak memiliki salah satu jenis penyakit tersebut, tapi kerap mengalami jari tangan bengkak dan gatal, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Bisa jadi, Anda hanya tidak sadar sudah mengalami suatu penyakit di tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *