5 Rekomendasi Vitamin untuk Otak Dewasa dan Anak-anak

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting guna mendukung semua fungsi tubuh. Jika sistem saraf pada otak mengalami bermasalah, sudah pasti segala fungsi tubuh akan mengalami gangguan. Karena itu, penting untuk menjaga agar otak tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi vitamin untuk otak.

Rekomendasi Vitamin untuk Otak

Dengan menjaga kesehatan otak maka Anda dapat meminimalisir penyakit yang berdampak pada fungsi otak seperti alzheimer atau demensia. Dokter dan para peneliti menemukan jika meningkatkan kesehatan otak mampu mengurangi risiko demensia dan penurunan kognitif terkait usia.

Vitamin bukan hanya bekerja untuk menjaga kesehatan otak, namun untuk beberapa kasus seperti anak-anak, vitamin dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi kognitifnya. Berikut beberapa rekomendasi vitamin untuk otak yang bisa orang dewasa atau anak-anak konsumsi.

  1. Youvit Omega-3 Anak

Vitamin untuk anak-anak biasanya hadir dalam bentuk hisap dengan beraneka rasa. Berbeda dari vitamin lainnya, Youvit menghadirkan vitamin dalam bentuk jelly dengan rasa buah-buahan yang tentunya disukai anak-anak.

Sesuai namanya, vitamin dari Youvit ini memiliki kandungan omega-3 atau minyak ikan yang di dalam terdapat tiga jenis omega-3 yaitu DHA, ALA dan EPA. Kandungan tersebut mampu memaksimalkan memori dan kinerja otak serta mendukung tumbuh kembang anak. DHA yang ada pada Youvit Omega-3 berperan untuk meningkatkan kesehatan otak dan mata, EPA berperan untuk mencegah peradangan sedangkan ALA menjaga kesehatan saraf.

Harga: Rp 19.900/ 7 gummy.

  1. Youvit Omega-3 Dewasa

Selain memiliki suplemen omega-3 untuk anak-anak, Youvit juga menghadirkan suplemen omega-3 untuk dewasa. Sama-sama hadir dengan rasa gummy yang tentu membuat Anda serasa seperti mengunyah permen. Namun tenang, vitamin dari Youvit ini rendah gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan omega-3 di dalamnya mampu memaksimalkan memori dan kerja otak, menjaga kesehatan jantung dan membantu agar tekanan darah tetap normal. Ada tiga jenis omega-3 yang ada di dalamnya. Pertama DHA, berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kedua EPA berperan untuk mengurangi stres dan melancarkan peredaran darah. Terakhir ALA yang berperan untuk menjaga kesehatan saraf dan menguatkan kinerja otak.

Harga: Rp 19.900/ 7 gummy.

  1. Blackmores Ginkgo Action

Produk kesehatan asal Australia ini memiliki vitamin untuk otak dengan kandungan ginkgo biloba. Ginkgo biloba merupakan salah satu tanaman asal Cina yang daun dan bijinya sering digunakan untuk ramuan pengobatan tradisional.

Kandungan ginkgo biloba bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Bahkan ramuan tradisional ini juga mampu mengobati alzheimer atau penyakit lain yang berhubungan dengan demensia. Serta juga mampu meningkatkan darah ingat dan konsentrasi. Ekstrak ginkgo biloba juga mampu melindungi jaringan di otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba juga dapat meningkatkan kinerja mental pada orang sehat.

Harga: Rp 187.000/ 40 tablet.

  1. Scott’s Emulsion

Merupakan vitamin untuk anak-anak dalam bentuk sirup dengan rasa jeruk. Memiliki kandungan minyak hati ikan cod yang kaya akan asam lemak-omega-3. Scott’s Emulsion mampu memenuhi kebutuhan harian anak akan vitamin A, vitamin D, DHA dan EPA.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika asam lemak omega-3 mampu meningkatkan fungsi otak khususnya dalam hal pembelajaran, memori dan perkembangan otak. Terbukti dalam penelitian yang dilakukan pada 183 anak selama 6 bulan, mengonsumsi tinggi asam lemak omega-3 mampu meningkatkan kemampuan belajar verbal dan memori.

Harga: Rp 47.000/ botol.

Selain mengonsumsi vitamin untuk otak, Anda juga harus menjalankan gaya hidup sehat dengan tidur yang cukup, berolahraga dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *