fungsi magnesium

6 Fungsi Magnesium yang Dapat Menjaga Kesehatan Anda

Magnesium merupakan mineral yang paling melimpah keempat yang ada di dalam tubuh manusia. Mineral ini memainkan beberapa peran penting pada tubuh Anda. Salah satu fungsi magnesium yang utama ialah menjaga kesehatan tubuh dan otak Anda. Selain fungsi umum tersebut beberapa fungsi magnesium lainnya dijabarkan dalam tulisan ini.

1. Magnesium Mengambil Peran dalam Reaksi Biokimia dalam Tubuh

Magnesium adalah mineral yang dapat ditemukan di laut, tumbuhan, bumi, hewan, dan manusia. Enam puluh persen kandungan magnesium dalam tubuh Anda dapat ditemukan pada bagian tulang, sementara 40% sisanya tersebar di jaringan lunak, otot, hingga cairan dalam tubuh, termasuk darah.

Fungsi magnesium dalam reaksi biokimia tubuh Anda yaitu membantu mengubah makanan menjadi energi, membantu pembentukan protein dari asam amino, membantu membuat sekaligus memperbaiki DNA dan RNA Anda, dan mengambil peran dalam kontraksi dan relaksasi otot tubuh.

Fungsi magnesium lainnya yaitu untuk mengatur neurotransmiter yang bertugas untuk mengirim pesan ke seluruh sistem saraf dan otak Anda.

2. Mampu Melawan Depresi

Mineral magnesium memiliki peran yang penting dalam fungsi otak dan suasana hati. Sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 8.800 orang menemukan bahwa orang dengan usia di bawah 65 tahun dengan asupan magnesium terendah memiliki tingkat risiko depresi 22% lebih besar.

Namun, beberapa ahli tetap menyarankan perlunya lebih banyak studi dalam bidang ini. Meskipun demikian, melengkapi mineral ini dapat membantu Anda untuk mengurangi gejala depresi.

3. Berfungsi untuk Mengatasi Diabetes

Studi telah menghubungkan diet magnesium tinggi dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya fungsi magnesium yakni mengontrol glukosa dan metabolism insulin.

Kekurangan magnesium diketahui dapat memperburuk resistensi insulin yang merupakan suatu kondisi yang sering berkembang sebelum diabetes tipe 2. Akan tetapi, para peneliti tetap perlu untuk mengumpulkan lebih banyak bukti terkait hal ini sebelum dokter dapat secara teratur menggunakan magnesium untuk mengontrol glikemik pada penderita diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi magnesium berikutnya yaitu menjaga kesehatan tulang pada tubuh Anda. Penelitian pada tahun 2013 telah menghubungkan asupan magnesium yang cukup dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi, peningkatan pembentukan kristal tulang, hingga risiko osteoporosis yang lebih rendah yang dapat terjadi pada wanita setelah masa menopause.

5. Mengatasi Sakit Kepala Migrain

Terapi magnesium diketahui dapat mencegah atau meredakan sakit kepala. Hal tersebut dapat terjadi karena kekurangan magnesium dapat memengaruhi neurotransmitter serta membatasi penyempitan pada pembuluh darah yang merupakan faktor yang dikaitkan dengan migrain.

6. Memiliki Fungsi Anti-Peradangan

Asupan magnesium yang rendah sering dikaitkan dengan tingkat peradangan kronis. Peradangan kronis ini dapat menjadi salah satu pendorong penuaan, obesitas, dan bahkan penyakit kronis lainnya.

Suplemen magnesium diketahui dapat mengurangi penanda peradangan pada orang dewasa yang lebih tua, orang yang memiliki kelebihan berat badan, dan memiliki gejala pra diabetes. 

Fungsi magnesium yang dapat mengurangi penanda peradangan ini juga dapat Anda rasakan dengan cara mengonsumsi makanan tinggi magnesium, seperti ikan berlemak dan cokelat hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *