6 Penyakit dari Infeksi Virus yang Cukup Berbahaya

Kehidupan manusia tidak akan dapat lepas dari penyakit apalagi jika penyakit itu merupakan infeksi virus. Contohnya adalah Covid-19 yang sampai sekarang masih mewabah. 

Penyakit karena virus ini kebanyakan merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan karsna belum ada obatnya sehingga cara satu-satunya untuk bisa menanganinya adalah dengan melalukan vaksinasi yang umumnya melalui penyuntikan, dan melakukan pola hidup bersih.

Selain Covid-19, ternyata terdapat banyak sekali penyakit yang ditularkan oleh virus, dan bahkan beberapa di antaranya sudah sangat akrab di telinga. Apa saja itu? Simak di bawah ini!

1. Flu

Anda tentu sudah tidak asing dengan penyakit yang satu ini, yang merupakan kependekan dari influenza.

Ini adalah penyakit yang seperti namanya disebabkan oleh virus flu atau influenza, yang biasanya menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang merupakan saluran pernapasan.

Adapun gejala-gejalanya adalah penderitanya akan mengalami batuk, sakit, demam kepala, pilek, dan hidung tersumbat. Beberapa gejala ini hampir mirip dengan gejala Covid-19 sehingga penderita flu rentan terkena virus tersebut.

Jika Anda mengalami flu ringan, Anda bisa mengatasinya dengan banyak beristirahat, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, dan tetap terhidrasi dengan minum bayak air mineral. Untuk pencegahan terbaik disarankan melakukan vaksinasi setahun sekali.

2. Demam berdarah

Penyakit ini juga tentunya Anda sudah tidak asing lagi. Ini adalah penyakit mematikan yang muncul di kala musim hujan seperti halnya flu.

Ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus Dengue melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti, dan juga Aedes albopictus.

Orang yang menderita penyakit demam berdarah biasanya akan mengalami gejala sakit kepala, mengigil, dan bercak merah pada kulit selama 24 hingga 72 jam. Bahkan, dalam beberapa kasus penderita bisa mengalami muntah darah.

Demam berdarah akan menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kadar trombosit dan pendarahan yang berujung pada kematian.

Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan pencegahan melalui 3M serta menjaga pola hidup sehat serta melakukan pengobatan, baik modern maupun tradisional.

3. Polio

Polio merupakan salah satu penyakit dari infeksi virus polio yang menyebabkan gangguan pada fisik berupa kelumpuhan pada kaki dan terinfeksinya selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Gejala yang dirasakan dari penyakit ini adalah demam, sakit kepala, radang tenggorokan, muntah, otot terasa lemah, leher kaku, nyeri, dan mati rasa pada beberapa bagian tubuh.

Biasanya virus ini menyerang anak-anak sehihgga mengganggu tumbuh-kembang mereka. Cara terbaik adalah dengan vaksinasi polio dengan meneteskan cairan ke mulut.

4. Hepatitis

Hepatitis terbagi 2, yaitu Hepatitis B dan C yang kerap menyerang organ penting dalam tubuh seperti hati, dan menyebar melalui darah dan sperma.

Adapun mereka yang mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus Hepatitis ini umumnya tidak menyadari kondisi ini karena tidak adanya gejala yang ditunjukkan sehingga harus melalui tes darah untuk mendiagnosis.

Adapun pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi Hepatitis pada kelompok yang rentan terkena seperti ibu hamil dan bayi yang baru dilahirkan.

5. AIDS

AIDS merupakan penyakit paling mematikan yang disebabkan oleh virus HIV yang merusak kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4 dan menginfeksinya.

Cairan HIV ini ada pada darah, sperma, cairan vagina, dan cairan lain yang dari tubuh penderita. Gejala yang dirasakan adalah demam tinggi, ruam kulit, muntah, nyeri sendi, nyeri otot, dan sakit kepala.

Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan melalukan hubungan seksual memakai kondom, tidak berbagi jarum suntik, dan hindari kontak langsung dengan penderita.

Penyakit ini juga belum ada vaksinnya sehingga yang bisa dilakukan untuk mengaturnya adalah dengan pengobatan retroviral.

6. Rabies

Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Lyssavirus yang ditularkan melalui gigitan binatang seperti anjing, kucing, dan kelelawar.

Gejala yang muncul adalah demam, kelelahan, sakit kepala, kebingungan, halusinasi, dan bahkan kelumpuhan. Untuk mengatasi infeksi virus dari penyakit ini adalah dengan penyuntikan serum dan vaksinasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *