Akibat dan Penanganan Terbaik untuk Mengobati Myxedema Coma

Myxedema adalah istilah lain untuk hipotiroidisme yang lebih serius. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Tiroid adalah kelenjar kecil yang terletak tepat di depan leher.

Tiroid ini bertugas untuk melepaskan hormon yang membantu tubuh mengatur energi dan mengontrol berbagai fungsi. Myxedema muncul karena adanya kondisi hipotiroidisme berat yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati.

Kondisi ini merupakan kondisi medis yang cukup serius sehingga perlu adanya penanganan dari tenaga medis profesional agar bisa ditangani dengan baik.

Bagaimana cara mencegah Myxedema Coma?

Cara ideal untuk mengantisipasi kondisi ini adalah dengan mencegahnya terjadi sejak awal. Seorang individu yang merupakan pasien penderita hipotiroidisme harus mengunjungi dokter secara teratur untuk melakukan tes darah demi memastikan bagaimana kondisi mereka dalam beberapa minggu atau bulan terakhir sehingga bisa diberikan obat yang sesuai dengan kondisi terbaru mereka.

Jika seseorang memiliki gejala yang mengkhawatirkan, tetapi belum didiagnosis dengan hipotiroidisme, mereka harus mengunjungi praktisi perawatan kesehatan untuk mengkonsultasikan gejala yang dirasakan dan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui ketidakseimbangan tiroid di dalam tubuh mereka.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya Myxedema Coma, karena jika seseorang telah merasakan gejala-gejala Myxedema Coma, itu menandakan bahwa kondisi medisnya sudah cukup parah.

Gejala Myxedema Coma

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Myxedema Coma merupakan keadaan yang cukup gawat yang perlu penanganan yang lebih lanjut agar bisa segera diatasi dengan baik. Gejala yang mungkin dialami oleh seseorang yang mengalami Myxedema Coma, yaitu:

  • Kelemahan atau kelesuan
  • Kebingungan atau tidak responsif
  • Merasa kedinginan
  • Suhu tubuh rendah
  • Pembengkakan tubuh, terutama wajah, lidah, dan kaki bagian bawah
  • Sulit bernafas

Jika Anda mengalami salah satu atau semua gejala di atas tersebut, sebaiknya Anda cepat mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, agar kondisi tersebut bisa diatasi dengan cepat.

Komplikasi yang mungkin terjadi akibat Myxedema Coma

Hormon tiroid penting untuk metabolisme sel. Jadi, kasus hipotiroidisme yang parah dapat memperlambat metabolisme dan mempengaruhi penggunaan oksigen dalam tubuh Anda. Ini dapat berdampak negatif pada hampir semua proses kerja sistem tubuh. Akibatnya, Myxedema Coma dapat menyebabkan:

  • Hipotermia
  • Pembengkakan dan akumulasi cairan
  • Penurunan metabolisme obat yang menyebabkan overdosis obat
  • Adanya masalah kehamilan
  • Gagal jantung
  • Masalah ginjal
  • Depresi
  • Koma
  • Kematian

Bagaimana cara mengobati Myxedema Coma?

Pengobatan untuk hipotiroidisme melibatkan adanya terapi yang dilakukan untuk pergantian hormon tiroid yang dikenal sebagai levothyroxine. Setelah kadar hormon tiroid sudah kembali menjadi normal dan pulih, gejalanya akan berangsur-angsur membaik juga, meskipun pemeriksaan ini mungkin akan memakan waktu selama beberapa minggu. Pasien kemungkinan harus tetap mengkonsumsi obat ini seumur hidup.

Myxedema Coma dianggap sebagai keadaan darurat medis dan membutuhkan penanganan serius dengan segara. Bahkan, pasien yang mengalami Myxedema Coma perlu dirawat di ICU. Jantung dan pernapasan mereka akan terus dipantau selama perawatan tersebut. Seiring dengan penggantian hormon tiroid, perawatan steroid dan obat-obatan lain mungkin diperlukan.

Selain itu, Myxedema Coma bisa diobati dengan cara pengobatan lain seperti melakukan terapi cairan, pergantian elektrolit, pemberian hormon adrenal atau kortisol yang dilakukan lewat pembuluh darah, menggunakan selimut hangat ketika suhu tubuh dirasa rendah, pemberian suplemen glukosa saat gula darah rendah, dan pemberian antibiotik ketika ditemukan adanya infeksi yang terjadi.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai Myxedema Coma, Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan tenaga medis profesional yang tersedia di aplikasi SehatQ yang bisa Anda download dari Google Play Store / App Store. Download aplikasi SehatQ untuk dapatkan informasi mengenai penyakit, pola hidup sehat, dan obat-obatan dengan praktis secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *