Apa Itu Medical Check Up? Ini Dia Manfaat dan Prosedurnya

Apa itu medical check up? Medical check up merupakan pemeriksaan kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Medical check up seharusnya dilakukan oleh semua orang karena bisa membantu untuk memantau kondisi medis atau kesehatan yang dialami secara keseluruhan.

Dengan melakukan hal ini, kita dapat memantau kondisi kita sehingga bisa melakukan berbagai upaya pencegahan di masa mendatang.

Mencegah tentu lebih baik dari mengobati. Dengan medical check up, Anda bisa mencegah berbagai risiko dan kerugian di masa yang akan datang karena bisa mendeteksi penyakit sejak dini, dan mencari metode terbaik untuk pencegahan dan penanganan.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengenal apa itu medical check up, kami akan menjelaskan apa saja manfaat, prosedur, dan informasi penting lainnya seputar medical check up.

Manfaat Medical Check Up

Medical check up sebaiknya perlu dilakukan secara rutin minimal satu tahun sekali. Hal ini dikarenakan medical check up memiliki banyak manfaat, berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Memantau kondisi medis 
  • Memastikan kondisi kesehatan terkini
  • Mendeteksi potensi penyakit, khususnya yang tak disertai gejala
  • Mengantisipasi gangguan kesehatan
  • Memastikan kondisi pasien sebelum melakukan pengobatan tertentu
  • Memotivasi untuk menjaga kesehatan

Medical check up memang tidak diwajibkan, tapi dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Anda bisa berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi kesehatan tanpa menunggu memiliki penyakit terlebih dahulu.

Namun, untuk melakukan medical check up, Anda perlu mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan informasi yang didapat. 

Ketimbang merasa takut, perlu untuk berpikir bahwa dengan melakukan medical check up, Anda justru bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengalami kondisi yang lebih buruk.

Persiapan Sebelum Medical Check Up

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan hal ini. Berikut persiapan yang perlu dilakukan sebelum medical check up.

  • Disarankan membawa data medis jika sebelumnya pernah dilakukan, seperti foto rontgen atau hasil pemeriksaan kesehatan lain
  • Perlu menanyakan dokter mengenai pelaksanaan puasa atau pemberhentian sementara konsumsi obat-obatan tertentu
  • Sebelum melakukan rangkaian tes, akan diberikan kuesioner seputar kondisi kesehatan terkini dan terdahulu
  • Memberitahu keluhan atau gejala yang sedang dialami
  • Memberi tahu daftar obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang dikonsumsi. Hal ini termasuk memberitahu diet yang dijalani dan perangkat tertentu yang ditanam dalam tubuh.
  • Disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Hal ini meliputi tidak menggunakan riasan, perhiasan, atau aksesoris lainnya karena bisa menghambat pemeriksaan
  • Usahakan didampingi oleh keluarga atau orang-orang terdekat lainnya

Prosedur Medical Check Up

Ada beberapa bentuk tes yang bervariasi dalam melakukan medical check up. Tes tersebut akan disesuaikan dengan usia jenis kelamin, serta kondisi kesehatan masing-masing pasien.

Berikut ini beberapa pemeriksaan yang dilakukan.

1. Cek riwayat kesehatan

Tes akan dimulai dengan melakukan tanya jawab dengan dokter seputar keluhan kesehatan serta riwayat kesehatan Anda pada pasien serta keluarga. 

Beberapa pertanyaan soal gaya hidup juga akan diajukan dokter, seperti pola makan, intensitas olahraga, serta kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol.

2. Pemeriksaan tanda vital

Selanjutnya, tanda-tanda vital akan diperiksa, seperti misalnya frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, tekanan darah, dan suhu tubuh.

3. Tes fisik

Saat melakukan tes atau pemeriksaan fisik, tes akan dimulai dengan mengukur berat dan tinggi Anda, lalu memeriksa seluruh tubuh dari kepala hingga kaki.

Melalui tes ini, dokter bisa melihat apakah ada kelainan pada kulit, rambut, atau bagian tubuh tertentu.

Setelah itu, pemeriksaan berlanjut pada mata, hidung, telinga, hingga organ dalam tubuh.

4. Pemeriksaan penunjang

Selain beberapa pemeriksaan diatas, kadang diperlukan untuk melakukan beberapa pemeriksaan penunjang untuk memperkuat diagnosis. Misalnya, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan pencitraan, pemeriksaan rekam jantung, dan pap smear

Setelah Melakukan Medical Check Up

Setelah selesai melakukan serangkaian tes, Anda akan diperbolehkan pulang dan melanjutkan aktivitas harian.Anda akan dihubungi kembali setelah hasil tes keluar dan menjelaskan secara rinci hasil tersebut.

Demikian penjelasan mengenai apa itu medical check up, mulai dari manfaat hingga prosedurnya. Semoga artikel ini bisa meyakinkan Anda akan penting dan bermanfaatnya medical check up.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *