Apa Itu Vitamin F dan Apa Manfaatnya?

Anda mungkin sering mendengar tentang vitamin F.  Namun, vitamin F sesungguhnya bukanlah jenis vitamin seperti yang kita kenal pada umumnya. Alih-alih, vitamin F merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk dua jenis lemak, yaitu asam alpha-linolenic (ALA) dan asam linoleic (LA). Kedua lemak ini sangat penting untuk fungsi tubuh, baik untuk kesehatan otak maupun jantung. ALA adalah salah satu anggoa keluarga lemak omega-3, sementara LA bagian dari lemak omega-6. Sumber utama dari kedua jenis lemak ini adalah minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Vitamin F ditemukan pada tahun 1920an saat ilmuwan menemukan bahwa diet bebas lemak memiliki efek yang berbahaya bagi tikus. Awalnya, para ilmuwan curiga bahwa tikus studi tersebut kekurangan vitamin baru yang disebut vitamin F, untuk kemudian ditemukan bahwa vitamin F yang dimaksud adalah ALA dan LA. Artikel ini akan membahas tentang vitamin F dengan lebih mendalam serta berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Fungsi penting untuk tubuh manusia

Dua jenis lemak yang membentuk vitamin F, yaitu ALA dan LA, diklasifikasikan sebagai asam lemak esensial, yang berarti keduanya sangat penting dan dibutuhkan oleh kesehatan tubuh manusia. Karena tubuh Anda tidak dapat memproduksi asam ini secara alami, Anda harus mendapatkan asupan vitamin F dari makanan. ALA dan LA memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh seperti:

  • Bertindak sebagai penyedia kalori. Sebagai lemak, ALA dan LA menyediakan 9 kalori setiap gram-nya
  • Menyediakan struktur sel. ALA, LA, dan lemak lain menyediakan struktur dan fleksibilitas bagi semua sel yang ada di tubuh sebagai komponen utama lapisan luar mereka
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan. ALA memerankan peran yang penting dalam pertumbuhan, penglihatan, dan perkembangan otak normal
  • Diubah menjadi lemak lain. Tubuh Anda mengubah ALA dan LA menjadi lemak lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh
  • Membantu membuat senyawa pensinyalan. ALA dan LA digunakan untuk membuat senyawa pensinyalan guna membantuu mengatur tekanan darah, pembekuan darah, respon sistem kekebalan tubuh, dan fungsi tubuh penting lainnya

Defisiensi vitamin F sangat jarang ditemukan. Namun, kekurangan ALA dan LA dapat menyebabkan beberapa gejala seperti kulit yang kering, kerontokan rambut, penyembuhan luka yang lambat, mengganggu pertumbuhan pada anak, dan masalah penglihatan dan anak.

Potensi manfaat kesehatan vitamin F

ALA merupakan lemak utama dalam keluarga omega-3, sebuah grup lemak yang dipercaya mengandung banyak manfaat kesehatan. Di dalam tubuh, ALA diubah menjadi asam lemak omega-3, termasuk EPA dan DHA yang bersama-sama memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh seperti mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta mendukung kesehatan mental. Sementara itu, LA merupakan lemak utama dalam keluarga omega-6. Sama halnya dengan ALA, LA akan diubah menjadi lemak jenis lain di dalam tubuh. Apabila dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, LA dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2, dan meningkatkan kontrol gula darah.

Guna mengoptimalkan manfaat kesehatan dari vitamin F, menjaga kadar LA dan ALA yang sehat dalam diet Anda menjadi kunci utama. Ini dikarenakan lemak-lemak tersebut mengirimkan sinyal yang berlawanan di dalam tubuh. Ketika LA dan lemak omega-6 lainnya menyebabkan peradangan, ALA dan lemak omega-3 lain bekerja dengan menguranginya. Perbandingan yang ideal masih belum ditentukan, namun Institut Obat-obatan merekomendasikan bahwa orang dewasa mengonsumsi 1.1 hingga 1.6 gram ALA dan 11 hingga 16 gram LA setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *