Apakah Lip Cream Matte Bagus untuk Bibir Hitam?

Bibir hitam atau menggelap adalah kondisi umum yang dapat dialami oleh semua orang. Untuk menutupinya, banyak yang ragu untuk menggunakan lipstik jenis lip cream matte.

Sebab, kebanyakan lip matte menggunakan shade warna yang muda seperti nude, coral, atau baby pink. Warna-warna tersebut diketahui tidak cocok bagi orang yang memiliki bibir hitam.

Penyebab bibir hitam

Hampir semua orang lahir dengan bibir berwarna merah muda cerah, namun ada banyak hal yang menyebabkan bibir menjadi gelap atau hitam. Mulai masalah medis atau kesehatan, hingga faktor gaya hidup.

Menggelapnya bibir paling umum disebabkan oleh hiperpigmentasi. Kondisi tersebut biasanya tidak serius dan diakibatkan oleh produksi melanin yang berlebihan. 

Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh kondisi berikut ini:

sering terpapar sinar matahari

dehidrasi

merokok

reaksi alergi, misalnya pada pasta gigi atau lipstik

konsumsi kafein berlebihan

sering menghisap bibir

Selain itu, ada beberapa kondisi medis maupun kesehatan yang juga bisa menjadi penyebab bibir hitam, seperti kemoterapi, anemia, defisiensi vitamin, dan penggunaan fluoride berlebihan. 

Lip cream matte untuk bibir hitam?

Lalu, bagaimana dengan penggunaan lip cream matte para bibir hitam? Apabila bibir Anda tidak cocok menggunakan warna yang lebih cerah, Anda bisa mengakalinya dengan mengaplikasikan foundation dan concealer untuk menutup warna bibir yang gelap.

Tidak ketinggalan, Anda juga wajib melembapkan bibir terlebih dahulu dengan lip balm sebelum mengaplikasikannya. Setelah mengoleskan lip cream matte, Anda juga bisa menggunakan bedak tipis di atasnya.

Anda juga dapat menggunakan pensil bibir berwarna untuk membuat garis di tepi bibir dan membuatnya sewarna dengan kulit. Jangan lupa untuk selalu menghapus lipstik sebelum tidur. 

Cara mengatasi bibir hitam

Mengatasi bibir hitam agar Anda dapat menggunakan lip cream matte dengan mudah dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Aplikasikan scrub madu

Mengeksfoliasi bibir sangat penting untuk mengembalikan warna alami bibir dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat membuat scrub sendiri dengan mencampurkan madu dengan gula, lalu gosok lembut di area bibir dengan gerakan memutar.

2. Pijat bibir

Memijat bibir dengan minyak alam dapat membantu melembapkan bibir dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membuatnya kembali ke warna alami. Anda dapat menggunakan minyak kelapa atau almond organik, pijatkan dengan lembut beberapa kali di bibir dalam sehari.

3. Perbanyak cairan

Dehidrasi dapat menyebabkan bibir kering dan menggelap. Perbanyak minum air dapat meningkatkan tampilan kulit, termasuk juga warna bibir. 

4. Gunakan potongan buah lemon

Lemon diketahui bermanfaat untuk mencerahkan kulit, termasuk juga bibir. Potong tipis buah lemon lalu tempelkan di kedua bibir maksimal satu menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Selain cara-cara alami di atas, mengatasi bibir hitam juga dapat dilakukan secara medis. Termasuk menggunakan krim khusus, chemical peels, dan laser. 

Prosedur tersebut dapat mengurangi atau menghentikan produksi melanin di kulit. Namun, perlu berhati-hati sebelum melakukannya karena dapat berisiko merusak kulit dan hasilnya tidak permanen.

Bahkan dapat menimbulkan efek samping berkepanjangan seperti iritasi, bekas luka, hingga kerusakan saraf. Beberapa krim pemutih juga dapat mengandung bahan keras merkuri yang dapat membahayakan kesehatan.

Perlu diingat bahwa kulit bibir lebih tipis daripada kulit di area tubuh lainnya. Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar keringat maupun rambut pelindung sehingga mudah kering.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk melakukan prosedur di atas, baik yang alami maupun yang medis. Sehingga Anda dapat menggunakan lip matte cream dengan nyaman nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *