Baik untuk Kesehatan, Apa Manfaat Daun Ketapang?

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan minuman teh dari daun hijau. Tapi, apakah Anda tertarik untuk mencoba teh dari daun ketapang dan merasakan manfaat daun ketapang

Selama ini, daun ketapang lebih dikenal sebagai daun yang baik untuk pemeliharaan ikan cupang. Tapi sebenarnya, bukan hanya ikan cupang yang bisa merasakan manfaat dari daun kepang, namun juga manusia. 

Manfaat buah ketapang untuk kesehatan antara lain menurunkan gula darah dan mencegah penuaan dini

Mengenal manfaat daun ketapang

Daun ketapang adalah daun yang berasal dari pohon ketapang. Pohon ini tumbuh di negara-negara Asia, termasuk di Indonesia. Anda bisa menemukan pohon ketapang dengan mudah dimana saja di Indonesia dan menggunakan daunnya untuk pengobatan tradisional.

Pohon ketapang dikenal sebagai pohon yang sering menggugurkan daunnya. Orang-orang yang memelihara pohon ini sering merasa kesal karena daun-daun dari pohon ketapang berguguran hingga tak beraturan.

Tapi, daun-daun tersebut tidak harus dianggap sebagai sampah. Karena sebenarnya, bila diolah dengan cara yang tepat, maka ada manfaat daun ketapang yang bisa Anda rasakan, seperti:

  • Mengobati sariawan

Salah satu keunggulan daun ketapang adalah kemampuannya untuk mengobati sariawan. Hal ini karena daun ketapang pada dasarnya memiliki efek antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan serta iritasi yang menyebabkan sariawan. 

  • Meredakan nyeri haid

Banyak wanita yang mengalami nyeri perut ketika haid. Nyeri ini bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk mengonsumsi minuman olahan dari daun ketapang untuk meredakan rasa nyeri tersebut. 

  • Melancarkan pencernaan

Manfaat lain dari daun ketapang adalah kemampuannya untuk memperlancar sistem pencernaan. Tidak heran, daun ini sering dipakai sebagai pengobatan herbal untuk mengobati diare atau sembelit. 

  • Memperkuat tulang

Daun ketapang juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan tulang, membuat tulang menjadi lebih kuat. Kemampuan ini berasal dari sifat antioksidan dalam daun ketapang yang bisa mencegah kerusakan kromosom.

Masih ada banyak manfaat daun ketapang lainnya yang bisa Anda rasakan bila Anda mengonsumsinya secara rutin. 

Bagaimana cara menggunakan daun ketapang untuk kesehatan?

Setelah melihat banyaknya manfaat dari daun ketapang, Anda mungkin tertarik untuk mulai menggunakannya. Tapi, bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan daun ketapang?

Apabila Anda ingin memanfaatkan daun ketapang untuk menjaga kesehatan Anda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu: 

  • Diolah menjadi minuman teh

Ini merupakan upaya menggunakan daun ketapang yang paling umum. Anda hanya perlu merebus daun ketapang, kemudian air rebusannya diminum seperti saat sedang minum teh. 

Bila Anda mengolahnya menjadi minuman teh, maka Anda bisa merasakan manfaat daun ketapang yang bekerja untuk mengobati dari dalam. Misalnya untuk meredakan sariawan atau peradangan sendi. 

  • Ditempelkan ke kulit

Selain mengobati dari dalam, daun ketapang juga bisa dipakai untuk mengobati luka luar. Hal ini karena terdapat kandungan metanol di dalam daun yang efektif untuk menyembuhkan luka di kulit.

Untuk pemakaian pada luka di kulit, Anda bisa melumatkan daun ketapang terlebih dahulu. Kemudian, hasil lumatannya bisa Anda tempelkan ke bagian kulit yang terluka. 

Anda bisa merasakan manfaat yang lebih maksimal apabila diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Misalnya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi. 

Agar Anda bisa merasakan manfaat daun ketapang dengan lebih maksimal, sebaiknya konsultasikan pemakaiannya dengan dokter Anda. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari cara pemakaian yang keliru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *