Beberapa Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Makan Pedas

Bagi Anda yang penikmat makanan pedas, mungkin akan merasa nafsu makan berkurang ketika makanan yang Anda makan tidak memiliki rasa pedas sama sekali. Hal ini disebabkan karena makanan pedas memiliki capsaicin yang terdapat pada cabai, yang berkhasiat untuk penambah nafsu makan.

Selain memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan, ternyata makanan pedas juga dapat memberikan manfaat lain untuk tubuh, beberapa diantaranya seperti di bawah ini.

Ibu hamil makan pedas tidak dilarang meski sebaiknya tidak dihindari lebih dahulu

Makanan pedas mampu membuat panjang umur

Menurut sebuah studi besar tahun 2015 oleh Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention, makan makanan pedas dipercaya mampu menurunkan tingkat kematian sebesar 14%. Hal ini bisa diwujudkan ketika Anda mengkonsumsinya selama sehari sekali dalam enam hari atau seminggu.

Makanan pedas membantu mempercepat metabolisme

Jika Anda menambahkan rempah-rempah tertentu seperti kayu manis, kunyit, jinten, jahe, paprika, cabai, dan lain-lain. ke dalam makanan, Anda dapat mencapai tingkat metabolisme yang tinggi. Ini tidak akan membawa hasil yang instan, tetapi seiring berjalannya waktu, perubahan signifikan dalam metabolisme tubuh Anda bisa terlihat.

Makanan pedas untuk kesehatan jantung yang lebih baik

Mengkonsumsi makanan pedas dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, karena capsaicin yang terkandung di dalam cabai akan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu, capsaicin tersebut juga akan meningkatkan kadar kolesterol baik (KDL) di dalam tubuh.

Makanan pedas mencegah penyakit kanker dan tumor

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai juga ternyata memiliki manfaat baik untuk mengaktifkan reseptor sel yang ada di dalam lapisan usus. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan resiko pertumbuhan tumor di tubuh karena reaksi yang diciptakan dan mematikan reseptor yang over-reaktif.

Meskipun memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, ternyata mengkonsumsi makanan pedas dapat memberikan dampak yang kurang baik juga untuk kesehatan. Terutama jika Anda mengkonsumsi makanan pedas berlebihan.

Inilah akibat makan makanan pedas yang dapat memunculkan penyakit sehingga berdampak buruk untuk kesehatan:

  1. Penyakit maag akut

Gastritis atau yang lebih dikenal dengan istilah maag merupakan kondisi dimana lapisan pelindung di lambung mengalami peradangan atau pembengkakan. Kondisi ini umumnya terjadi akibat adanya infeksi bakteri sehingga menyebabkan lambung mengalami luka.

Kondisi maag ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang membuat sensasi nyeri atau perih di bagian perut. Hal tersebut terjadi karena pencernaan mengalami gangguan yang disebabkan dari kondisi perut yang kesulitan untuk mencerna makanan.

  1. Insomnia

Jarang diketahui, ternyata makanan pedas bisa berdampak dalam menimbulkan insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur dimana membuat penderitanya menjadi kesulitan untuk tidur terutama di malam hari.

Hal ini terjadi karena makanan pedas mampu meningkatkan suhu tubuh yang berdampak pada meningkatnya waktu untuk terjaga, hingga menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk merasa ngantuk dan tidur di malam hari.

  1. Diare

Ini merupakan salah satu penyakit akibat makan pedas yang paling terkenal dan mungkin telah dialami oleh semua orang yang memiliki hobi untuk menyantap makanan pedas. Diare merupakan penyakit yang membuat seseorang menjadi sering buang air besar dalam rentang waktu yang cukup cepat.

Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman untuk penderitanya karena feses yang dikeluarkan umumnya memiliki tekstur yang encer.

  1. Sakit tenggorokan

Akibat makan pedas juga dapat berdampak pada sakit tenggorokan yang menyebabkan suara menjadi serak. Hal ini terjadi karena ketika makan makanan pedas, pita suara Anda terangsang dan membuat suara menjadi serak.

  1. Refluks asam

Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam untuk beberapa orang. Ini adalah kondisi dimana aliran dari isi lambung kembali ke kerongkongan dan menyebabkan rasa panas yang tidak nyaman dengan rasa panas seperti terbakar di saluran kerongkongan tersebut

Selain menyebabkan rasa tidak nyaman di kerongkongan, refluks asam juga dapat  memicu GERD dan luka pada kerongkongan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Makanan pedas memang memiliki manfaat baik dan buruk bagi kesehatan, maka dari itu Anda harus mempertimbangkan hal-hal tersebut sebelum menyantap makanan pedas dan cobalah untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang tidak berlebihan.

Hindari makan makanan yang terlalu pedas jika Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan untuk menghindari munculnya masalah baru yang lebih serius.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai masalah pencernaan dan lainnya, tanyakan saja langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *