Bolehkah Bestalin Digunakan Ibu Hamil dan Menyusui?

Bestalin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi gatal-gatal akibat alergi. Selain itu obat ini juga bisa digunakan sebagai obat penenang pada kondisi ketidakseimbangan mental (seperti kecemasan), obat sedatif sebelum tindakan anestesi, dan mengatasi susah tidur.

Bestalin tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Obat ini memiliki kandungan zat aktif utama Hydroxyzine HCI yang merupakan obat golongan antihistamin. Tergolong obat keras, Bestalin hanya boleh digunakan sesuai petunjuk dokter. 

Siapapun bisa menggunakan obat ini sesuai dosisnya, tapi para dokter dan ilmuwan sepakat bahwa Bestalin tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui. 

Dosis dan aturan pakai obat

Bestalin tablet boleh digunakan mulai dari anak dibawah usia 6 tahun hingga orang dewasa dengan dosis yang berbeda-beda. Adapun dosis umum dari Bestalin tablet yaitu:

  • Mengatasi alergi

Untuk mengatasi gatal-gatal karena alergi, termasuk urtikaria kronis, dermatitis atopi dan dermatitis kontak, dosis yang bisa diterima anak dibawah 6 tahun adalah 50 mg/hari, dibagi dalam beberapa dosis, dan 50-100 untuk anak 14 tahun ke atas. 

Sedangkan untuk orang dewasa, Bestalind dapat diminum 3-4 kali sebanyak 25 mg/hari.

  • Antiansietas

Untuk mengatasi gangguan kesehatan mental yang menyebabkan stres (psikoneurosis), dosis untuk orang dewasa adalah 3-4 kali sebanyak 50-100 mg/hari. Untuk anak 14 tahun bisa menerima 50-100 mg/hari yang dibagi dalam beberapa dosis pemberian. 

Sedangkan untuk anak 6 tahun ke bawah adalah 50 mg/hari, dibagi dalam beberapa dosis pemberian. 

  • Sebagai obat sedatif

Sebagai sedatif untuk premedikasi pada anestesi umum, dosisnya adalah 50-100 mg/hari untuk orang dewasa, dan 0,6 mg/kg BB untuk anak-anak.

Bestalin bisa diminum sebelum atau setelah makan. Hindari mengambil dosis dobel pada jam minum obat selanjutnya saat Anda melupakan meminum obat pada jam sebelumnya. 

Hindari juga untuk meminum obat ini dengan obat lain atau alkohol karena dapat meningkatkan efek samping obat dan menurunkan kemanjurannya.

Efek samping obat

Obat ini bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi, pusing, dan kantuk yang parah, sehingga tidak disarankan untuk mengemudi atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan mesin setelah mengonsumsi Bestalin.  

Bahaya Bestalin bagi ibu hamil dan menyusui

Sebenarnya, sangat sedikit penelitian penggunaan Hidroksizin pada manusia. Hal ini karena beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus hamil yang menerima Hydroxyzine menunjukkan risiko kelainan janin. Senyawa ini diketahui dapat menembus lapisan pelindung plasenta yang menyebabkan janin lebih besar.

Jika pasien hamil saat mengonsumsi obat ini, segera berkonsultasi dengan dokter untuk menghentikan penggunaan Bestalin dan meminta alternatif obat alergi lainnya. Beberapa kasus bayi yang terpajan Hydroxyzine selama kehamilan mengalami kelainan termasuk:

  • Depresi sistem saraf pusat (SSP)
  • Gerakan klonik, yaitu jenis kejang yang melibatkan seluruh tubuh
  • Gejala ekstrapiramidal
  • Hipotensi
  • Gangguan gerak
  • Kondisi hipoksia neonatal
  • Retensi urin

Namun beberapa ilmuwan berpendapat bahwa risiko lebih tinggi didapat ibu yang menerima Bestalin selama hamil trimester awal dan persalinan. 

Penelitian lain menemukan bahwa Hydroxyzine dapat digunakan pada trimester kedua dan ketiga jika benar-benar diperlukan selama kehamilan. 

Adapun obat yang mengandung Hidroksizin benar-benar tidak boleh diminum oleh ibu menyusui. Obat ini bisa dialirkan ke bayi melalui ASI, dan pada akhirnya menghasilkan efek samping serius pada si kecil. 

Catatan

Penggunaan Bestalin tidak bisa dihentikan secara langsung. Jika khawatir hamil selama penggunaan obat, jangan lupa gunakan alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. 

Jika Anda dan pasangan berencana untuk hamil, konsultasikan kepada dokter untuk berangsur-angsur menghentikan penggunaan obat dan minta obat alternatif Bestalin yang aman diminum selama kehamilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *