Buah-buah yang Wajib Ada di Resep Rujak Buah

Panas-panas, makin rujak buah pasti enak. Tidak harus membelinya, membuat resep rujak buah sendiri di rumah pun tidak kalah menyenangkan. Rasanya sudah jelas bisa disesuaikan dengan lidah dan selera Anda. Membuat resep rujak buah sendiri pasti lebih higienis dibandingkan yang dijual di jalan. 

Resep rujak buah yang legit bisa dibuat dengan mudah di rumah

Membuat resep rujak buah pun tidak sulit. Untuk cocolannya, Anda hanya membutuhkan cabai, gula merah, asam jawa, dan sedikit terasi. Akan lebih lezat apabila Anda menambahkan tumbukan kacang tanah yang sudah disangrai pada sambal rujak buah yang Anda buat. 

Tentunya yang tidak boleh ketinggalan, Anda harus menyiapkan beraneka ragam buah sebagai bahan utama resep rujak buah. Buah apapun sebenarnya bisa dijadikan menu rujak. Namun pada umumnya, ada beberapa buah wajib yang mesti ada dalam resep rujak buah, seperti di bawah ini. 

Nanas 

Nanas akan membuat rujak buah yang Anda buat terasa lebih menyegarkan. Buah tropis dengan kandungan air tinggi ini memiliki cita rasa asam yang menyegarkan. Nanas juga kaya serat sehingga sangat baik untuk mengatasi peradangan. Bukan hanya menjadi buah utama, tidak jarang ada orang yang menjadikan nanas sebagai bagian sambal dalam resep rujak buahnya. Anda tertarik mencobanya? 

Mangga 

Kurang lengkap rasanya jika resep rujak buah Anda tidak memakai mangga. Tentunya mangga yang cocok untuk rujak buah adalah mangga yang belum matang. Rasanya memang agak asam dan sepat, namun jika dicampur dengan sambal rujak, Anda pasti ketagihan! Bayangkan saja, rasa asam dan sepat berpadu dengan rasa sambal yang pedas manis. Buah ini pasti menjadi favorit Anda dalam resep rujak buah!

Bengkuang 

Bengkuang merupakan jenis kaya serat dan vitamin C yang bisa selalu ada temukan dalam beragam jenis resep rujak buah manapun. Rasa bengkuang memang tidak asam dan terasa kurang menyegarkan, namun jika tidak memasukkan buah berwarna putih ini dalam rujak buah, pasti terasa ada yang kurang. Soalnya, umbi-umbian ini memiliki rasa manis yang khas dengan sensasi “garing” yang bisa membuat banyak orang ketagihan. 

Jambu Air 

Jenis buah yang satu ini paling mudah didapat dan tidak jarang mendominasi porsi resep rujak buah yang Anda buah. Maklum saja, rasa jambu air tidak terlalu asam, namun sangat menyegarkan karena kandungan air yang melimpah. Sensasi kriuk ketika menggigit buah ini pun membuat banyak orang tidak jarang terus mengonsumsinya ketika sedang “rujakan”. Yang tidak kalah penting, rasa jambu air yang lumayan netral membuatnya sangat pas dipadupadankan dengan rasa sambal rujak yang asam manis pedas. 

Mentimun 

Buah selanjutnya yang wajib ada pada resep rujak buah yang Anda buah adalah mentimuh. Buah ini memiliki tekstur yang renyah, yang membuat Anda akan tidak bosan mencocokkannya pada sambal rujak. Air yang banyak dari mentimun pun cenderung banyak dan tidak terlalu asam sehingga dapat menetralkan rasa asam dari buah-buah lain. Jangan lupa ketika memotong mentimun untuk resep rujak buah, jangan mengirisnya terlalu tipis!

Kedondong 

Satu lagi buah yang tidak boleh ketinggalan dalam resep rujak buah. Adalah kedondong, yang bakal memperkaya tekstur dan rasa dari rujak buah yang Anda buat. Dari segi rasa, kedongdong melengkapi rasa asam dan kecut untuk rujak buah Anda. Sementara dari segi manfaat, buah ini kaya akan vitamin C sehingga mampu menjaga imunitas tubuh Anda. 

Tentu saja Anda bisa menambahkan buah-buah lainnya dalam resep rujak buah yang Anda buat. Namun jika tidak memakai salah satu jenis buah di atas, dijamin Anda akan merasa ada yang kurang ketika melahap rujak buah yang Anda buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *