Cara Melancarkan Haid yang Aman dan Mudah Dilakukan

Cara Melancarkan Haid yang Aman dan Mudah Dilakukan

Setiap bulannya, seorang perempuan akan memasuki masa haid atau menstruasi. Hal ini disebabkan lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur.

Namun, tidak jarang perempuan mengalami siklus haid yang tidak teratur dan sehingga menyebabkan terjadinya keterlambatan haid (absen) hingga haid yang berlebihan dalam sekali waktu.

Siklus haid setiap orang memang berbeda-beda dan siklus haid yang tidak normal umumnya wajar terjadi. Tetapi Anda bisa memperbaiki siklus haid dengan melakukan cara melancarkan haid berikut ini.

Cara melancarkan haid dengan berolahraga rutin

Cara melancarkan haid pertama yang bisa Anda lakukan yaitu olahraga rutin. Melakukan aktivitas olahraga dengan teratur dipercaya dapat melancarkan haid. Sebab, dengan rajin berolahraga tubuh akan memiliki hormon yang seimbang dan mendorong produksi estrogen lebih banyak.

Olahraga yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan haid, antara lain:

Jogging

Tidak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit. Jika dirasa masih terlalu sulit, bisa berganti jadwal menjadi seminggu sekali.

Sit up

Selain bermanfaat untuk membentuk perut lebih kencang dan menghilangkan lemak di perut yang menyebabkan perut terlihat buncit, sit up mampu mempermudah dinding rahim rontok dan memperlancar aliran darah haid.

Lompat tali

Lompat tali akan memaksa tubuh Anda terpusat  pada otot perut, sehingga hal ini mampu menyebabkan darah haid akan keluar lebih lancar dengan sendirinya.

Yoga

Stres adalah salah satu penyebab siklus haid yang tidak lancar. Disini, yoga mempunyai fungsi penting untuk menurunkan tingkat stres yang nantinya akan berdampak pada kemampuan tubuh untuk mengeluarkan darah kotor (haid).

Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang paling sering diminati. Aktivitas ini fokus dalam menggerakkan semua bagian tubuh dan membuat aliran darah berjalan lancar, sehingga proses haid juga dapat terjadi secara teratur.

Anda tidak perlu melakukan semua olahraga ini dalam sekali waktu. Catatan yang penting untuk diperhatikan adalah konsistensi untuk melakukannya dengan teratur. Jadi olahraga apa pun yang bisa mempercepat haid akan bermanfaat jika Anda bisa menentukannya sesuai kemampuan tubuh dan melakukannya dengan konsisten.

Cara melancarkan haid dengan makanan dan minuman

Cara melancarkan haid lainnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang dipercaya mampu membuat siklus haid menjadi lebih teratur. Beberapa makanan dan minuman yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan haid yaitu:

Jahe

Jahe dapat meningkatkan rasa panas dalam tubuh yang kemudian akan mendorong keluarnya haid sehingga menjadi lebih lancar.

Kayu manis

Kayu manis membantu dalam mengatur menstruasi Anda serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan selama menstruasi.

Nanas

Cara melancarkan haid dengan nanas yaitu Anda bisa mengolahnya sebagai minuman atau jus. Selain rasanya yang lezat, siklus haid juga akan lebih lancar.

Jintan

Jintan membantu masalah menstruasi dengan mengencangkan otot rahim dan memperbaiki menstruasi yang tidak teratur.

Rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah dipercaya dapat memicu naiknya aliran arah ke rahim supaya datang bulan lebih cepat.

Cara melancarkan haid dengan istirahat yang cukup

Jadwal tidur yang tidak teratur ternyata bisa mempengaruhi haid. Ketika kebiasaan dalam tubuh terganggu, hormon reproduksi wanita bisa ikut terganggu. Bahkan, perempuan yang bekerja larut malam lebih mungkin mengalami siklus haid yang tak teratur.

Sebuah penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa waktu tidur 5 jam sehari secara signifikan meningkatkan risiko ketidakteraturan siklus menstruasi dibandingkan responden yang tidur 8 jam sehari.

Durasi tidur juga dapat disebabkan oleh stres yang menjadi salah satu faktor memicu terjadinya gangguan menstruasi. Maka dari itu, tidur 8 jam sehari sangat disarankan untuk menjaga siklus menstruasi berjalan normal dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat.

Siklus haid yang tidak teratur bisa menjadi bisa jadi pertanda bahwa adanya masalah dalam tubuh Anda. Meski hal ini merupakan suatu hal yang umum, penting bagi Anda mengenal kondisi tubuh Anda dengan sebaik-baiknya.

Ikutilah cara melancarkan haid di atas ketika Anda mengalami gangguan haid. Namun perlu diingat jika gangguan tersebut terjadi terus menerus, Anda sebaiknya mengkonsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Anda juga bisa bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *