Cara Tepat Membersihkan Mulut dengan Sikat Gigi Elektrik

Selain membersihkan gigi dengan sikat gigi biasa, kini Anda bisa juga memanfaatkan sikat gigi elektrik. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa pemakaian sikat elektrik ini akan berbeda dengan sikat gigi biasa.

Sikat gigi elektrik terbaik.

Anda harus benar-benar memahami cara pemakaian sikat elektrik yang tepat. Hanya dengan begitu, barulah Anda bisa merasakan manfaat dari sikat elektrik yang lebih maksimal dibandingkan dengan sikat gigi biasa.

Cara memakai sikat gigi elektrik

Sebenarnya, sikat elektrik bergerak secara otomatis. Ini memudahkan Anda, dan membuat Anda bisa menyikat gigi dengan lebih praktis dan nyaman.

Apabila Anda baru pertama kali mencoba sikat elektrik, maka ketahui cara untuk memakainya berikut ini:

  1. Isi ulang daya baterai

Sikat elektrik bekerja dengan daya baterai. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengingat untuk mengisi ulang baterai sikat tersebut. 

Jika tidak, bisa-bisa baterai habis di tengah-tengah waktu Anda menyikat gigi. Ini tentu akan membuat proses menyikat gigi Anda menjadi terganggu. 

  1. Menyikat bagian luar gigi

Serupa dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi biasa, pertama-tama fokuslah untuk membersihkan area luar gigi terlebih dahulu. Anda tidak perlu menggerakkan tangan Anda seperti saat menyikat gigi dengan sikat gigi manual.

Anda hanya perlu mengarahkan batang gigi ke area mulut yang ingin dibersihkan. Sikat gigi elektrik akan bekerja secara otomatis untuk berputar dan bergetar di area gigi dan gusi Anda. 

  1. Membersihkan bagian dalam gigi

Di langkah ini, Anda hanya perlu mengulangi cara yang sama seperti saat membersihkan di tahap dua. Bedanya, di tahap ini Anda membersihkan bagian dalam gigi yang mungkin lebih sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa.

  1. Membersihkan area langit-langit mulut

Beberapa sikat elektrik dilengkapi dengan kemampuan untuk membersihkan langit-langit mulut Anda. Bagian punggung sikat biasanya dirancang sedemikian rupa agar bisa dipakai untuk membersihkan lidah dan juga langit-langit mulut.

  1. Bilas mulut dengan air bersih

Tahap terakhir, Anda bisa membilas mulut Anda dengan air bersih. Ini dilakukan untuk mengeluarkan sisa pasta gigi yang mungkin tertinggal di dalam mulut.

Akan tetapi, beberapa produk sikat gigi elektrik bisa mengangkat sisa pasta gigi secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot berkumur sebagai langkah terakhir saat menyikat gigi.

Perhatian saat memakai sikat elektrik

Memang, sikat elektrik bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah memaksimalkan pengangkatan plak pada gigi dan gusi, serta membantu penyikatan yang maksimal bagi penderita keterbatasan mobilitas.

Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal ketika menggunakan sikat elektrik. Di satu sisi, sikat ini mungkin juga bisa memberikan kerugian bagi Anda. 

Kerugian terbesar dalam menggunakan sikat elektrik adalah harga dari setiap produk sikat. Berbeda dengan sikat gigi manual, sikat elektrik menggunakan daya baterai dan bekerja secara otomatis. Ini membuat sikat tersebut memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Ditambah lagi, ketika bagian kepala sikat sudah rusak, Anda harus menggantinya dengan kepala yang baru. Kepala baru ini juga harganya tidak murah apabila dibandingkan dengan sikat gigi manual biasa.

Inilah yang membuat masih banyak orang enggan menggunakan sikat gigi elektrik dan lebih memilih memakai sikat gigi manual. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah sikat gigi yang paling sesuai dengan kantong Anda, serta memenuhi kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *