Cermatlah Memilih Santan Instan agar Masakan Tetap Aman!

Demi kepraktisan, tampaknya banyak orang yang memilih untuk menggunakan santan instan alih-alih santan murni saat memasak. Santan siap pakai memang dapat lebih memudahkan kamu dalam mengolah hidangan karena kamu tidak perlu repot memilih, memarut, dan memeras kelapa. Bagi kamu yang kerap membutuhkan efisiensi waktu dan tenaga di dapur, santan instan tentu bisa jadi solusi terbaik. 

Santan instan digunakan untuk menambah kelezatan masakan tertentu

Keunggulan lain yang dijanjikan sebungkus santan instan ialah umur simpannya yang lama. Karenanya, kamu dapat mendiamkan santan instan yang belum habis untuk penggunaan berikutnya. Santan instan jauh lebih tahan lama daripada santan murni yang mudah kedaluwarsa karena ia diolah dengan bahan pengawet (yang diizinkan pemakaiannya). 

Berbicara mengenai kekentalan, santan instan tentu lebih dapat diandalkan dibandingkan meyakinkan santan murni. Hal tersebut karena sirup jagung turut dicampurkan dalam pembuatan santan instan, yang menjadikannya bertekstur pekat. Kelebihan ini membuat makanan yang kamu hidangkan menjadi lebih sedap saat disantap. 

Santan instan pun menjadi pilihan yang lebih baik dalam hal rasa ketika kamu ingin membuat makanan manis. Itu karena sirup jagung yang memberikan kekentalan juga ternyata menghasilkan kemanisan yang pas pada santan instan. Hasilnya, penganan dan kue akan menjadi sajian istimewa bagi keluarga atau rekan terdekat. 

Bagaimanapun, tidak dimungkiri bahwa santan murni lebih meyakinkan. Sebab kamu menyiapkannya sendiri, higienenya pun tidak perlu diragukan selama ia digunakan segera dan tidak lama dibiarkan pada udara terbuka. 

Meski demikian, tentu saja ini tidak mengurangi nilai santan instan yang terjamin kebersihannya karena diproses secara UHT dan dikemas dengan aseptik. Terlebih apabila kamu memahami bagaimana memilih santan instan dengan baik, kamu tidak perlu ragu lagi. Nah, mari mengenali langkah-langkahnya terlebih dahulu agar masakan kamu tetap aman dengan santan instan! 

  1. Amati Kemasannya dengan Hati-hati 

Pertama-tama, pastikan kemasan santan instan dalam kondisi baik, yakni tidak rusak atau kotor. Jika kemasan santan instan tampak tidak bagus, hampir dapat dipastikan isinya tidak lagi layak untuk digunakan. Kemasan yang tampak apik dan bersih menentukan isi yang terlindungi dari kontaminasi. 

  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsanya 

Tentu saja syarat ini menjadi hal yang krusial saat memilih produk dalam kemasan. Bila kamu melihat masa pakai yang tertera pada kemasan santan instan sudah lewat, segera laporkan kepada penjual agar produk tersebut ditarik. Tentu saja kamu tidak mau orang lain tidak sengaja mengambil dan menggunakannya, bukan? 

  1. Cek Kesegaran Melalui Aromanya 

Sebelum menggunakan santan instan, coba buka sedikit kemasannya. Cium aroma santan instan baik-baik untuk mengetahui kelayakannya. Apabila tercium bau tengik, buang segera santan instan tersebut karena kemungkinan besar telah terkontaminasi atau tak lagi layak pakai. Santan instan yang baik, salah satunya, ditandai dengan aroma yang wangi. 

  1. Lihat Teksturnya Secara Saksama 

Setelah kamu yakin santan instan tidak berbau tengik, perhatikan teksturnya; apakah ia tampak menggumpal? Jika iya, santan instan tersebut tidak boleh kamu gunakan. Pastikan santan instan yang telah kamu beli memiliki tekstur kental sebagaimana umumnya santan instan yang layak pakai. 

Pastikan keempat langkah dalam memilih santan instan di atas selalu kamu terapkan untuk menghindari adanya kemungkinan keracunan akibat konsumsi santan instan yang tidak sehat. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakan santan instan, ya. Selama syarat-syarat penting di atas terpenuhi dengan baik, masakan kamu akan tetap aman dengan santan instan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *