Coba 8 Rutinitas Pagi Ini, Dijamin Hidupmu Lebih Sehat!

Rutinitas di pagi hari sering disepelekan. Bahkan beberapa orang beranggapan bahwa rutinitas cenderung mengekang dan membuat tubuh menjadi seperti robot. Padahal menjalankan rutinitas di pagi hari memiliki berbagai manfaat bagi tubuh baik secara fisik maupun mental. Anda akan merasa lebih tenang, tidak terburu-buru, suasana hati baik, serta berenergi. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba menerapkan 8 rutinitas di pagi hari berikut ini. 

  1. Bangun lebih awal 

Ketika alarm pagi berbunyi, hindari mematikannya kemudian tidur lagi. Hal itu akan membuat Anda menjadi lebih sulit bangun nantinya. Bangun lebih awal dari alarm merupakan rutinitas yang perlu Anda bentuk. Dengan begitu nantinya Anda tidak akan memerlukan alarm sebab tubuh telah mengetahui jam bangun dan terbiasa tanpa bantuan. 

Bangun lebih awal juga memberi Anda lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas pagi hari. Anda pun tidak akan lagi merasa terburu-buru pergi ke kantor atau berkegiatan. Saat bangun, cobalah lakukan peregangan sederhana seperti menarik tangan lurus ke atas. 

  1. Menghirup udara segar

Udara segar diperlukan di pagi hari. Paru-paru Anda akan sangat bahagia jika mendapatkan asupan udara segar terutama ketika Anda bangun tidur di pagi hari. Bukalah jendela kamar Anda sehingga sinar matahari dapat masuk dan udara berganti. Anda juga bisa jalan-jalan ke taman sebentar untuk menghirup udara pagi. 

  1. Meditasi 

Rutinitas sederhana pagi hari namun memberi dampak besar dalam hidup adalah meditasi. Anda perlu membangun rutinitas berupa meditasi di pagi hari, cukup 5-10 menit saja jika tidak punya waktu. Meditasi dapat membantu Anda melatih kontrol emosi, membuat lebih tenang dan fokus, serta belajar menerima diri sendiri. 

  1. Minum segelas air putih

Saat bangun tidur, sebaiknya Anda minum segelas air putih sebelum mengonsumsi makanan atau minuman lainnya. Air putih di pagi hari membantu mengaktifkan kembali seluruh sel tubuh Anda. Selain itu, dehidrasi juga dapat dicegah dengan minum segelas air di pagi hari sebab tubuh telah menyerap cairan selama Anda tidur. 

  1. Sarapan sehat

Sebagian orang tidak suka sarapan dan menghindarinya. Padahal sarapan merupakan aktivitas penting di pagi hari sebab dari situlah sumber energi Anda. Mulailah membentuk rutinitas sarapan sehat. Pilih buah-buahan atau oatmeal untuk sarapan. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan sumber protein seperti sosis, telur, atau daging. 

  1. Mendengarkan musik

Saat sarapan, Anda juga bisa sambil mendengarkan musik. Putar musik yang menenangkan atau musik yang membuat Anda bersemangat. Hindari memilih musik sedih. Musik berpengaruh dalam merangsang kerja otak di pagi hari menjadi lebih aktif. Mendengarkan musik merupakan rutinitas yang perlu Anda jalankan sebab juga membuat tubuh lebih semangat, lho!

  1. Membaca hal positif

Sama halnya seperti mendengarkan musik, membaca ringan di pagi hari dapat membantu merangsang otak sehingga lebih aktif. Anda dapat membaca berita atau buku sebentar. Pilih bacaan positif agar suasana hati Anda terbangun menjadi ceria dan bahagia. 

  1. Tersenyum

Rutinitas terakhir yang perlu Anda bentuk di pagi hari adalah tersenyum. Hal tersebut sepele dan mudah dilakukan namun banyak orang menyepelekannya. Padahal dengan tersenyum di pagi hari, Anda akan merasa lebih siap menghadapi aktivitas yang akan dijalani. 
Itulah 8 rutinitas pagi hari yang sederhana namun powerfull jika diterapkan. Anda perlu memahami bahwa rutinitas di pagi hari akan berpengaruh pada seluruh kegiatan hari itu. Jika Anda memulai hari dengan tidak bersemangat dan terburu-buru, maka sisa hari mungkin dilalui dengan perasaan kesal. Agar lebih bersemangat menjalani rutinitas pagi, ajak pasangan atau keluarga untuk melakukannya bersama. Selain mendapat manfaat berupa tubuh lebih sehat, ikatan dengan orang lain pun semakin terjalin erat terutama dengan pasangan dan anggota keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *