Perawatan Alami untuk Atasi Cradle Cap pada Bayi

Perawatan Alami untuk Atasi Cradle Cap pada Bayi

Cradle cap adalah kondisi kulit berminyak dan bersisik yang kadang-kadang terjadi pada bayi di area kulit kepala, di lipatan tubuh, dan di dada. Meskipun cradle cap tampak tidak nyaman jika dilihat, tetapi biasanya hal itu tidak mengganggu bayi Anda. Cradle cap kerap dialami oleh bayi.

Cradle cap dapat terjadi karena sistem kekebalan bayi bereaksi berlebihan terhadap kehadiran jamur normal di kulit kepala yang menyebabkan peradangan. Namun, cradle cap tidak menular, tidak berbahaya dan bisa segera sembuh tanpa melakukan pengobatan.

Perawatan dan Pengobatan Cradle Cap

Cradle cap biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Biasanya cradle cap bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi jika Anda ingin menghilangkannya, ada beberapa metode aman yang dapat Anda lakukan di rumah.

Inilah cara merawat, mengobati dan menghilangkan cradle cap pada bayi.

1. Sikat Kulit Kepala Bayi

Sikatlah kulit kepala bayi dengan lembut untuk menghilangkan serpihan cradle cap di kepalanya. Tetaplah untuk berhati-hati agar tidak mencungkil atau menggaruk serpihan tersebut. Gunakan sikat yang memiliki bulu lembut agar tidak membuat bayi kesakitan.

Untuk menggunakan metode ini cobalah lakukan langkah sebagai berikut:

  • Lakukan gerakan ke satu arah, sikat perlahan area kulit kepala yang terkena untuk melonggarkan dan menghilangkan serpihan.
  • Lanjutkan menyisir rambut untuk menghilangkan serpihan dari setiap helai rambut bayi Anda.
  • Anda bisa melakukan cara ini pada rambut bayi yang masih basah atau sudah kering.
  • Sikatlah rambut bayi Anda sekali dalam sehari. Jika kulit kepala menjadi merah, lebih baik kurangi frekuensi menyikat rambut bayi.

Menyikat akan menghilangkan beberapa serpihan dan dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Oleh karena itu, metode ini aman untuk Anda lakukan. 

2. Melembapkan Kulit Kepala

Menghidrasi kulit kepala bayi merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan serpihan akibat cradle cap di kepalanya. Selain itu, menghidrasi kulit kepala juga sekaligus member nutrisi dan menyehatkan kulit kepala. Anda bisa menggunakan minyak nabati murni seperti minyak zaitun, kelapa, jojoba, dan almond untuk melembapkan atau menghidrasi kulit kepala. Apa pun minyak yang Anda pilih, cobalah aplikasikan sedikit demi sedikit pada kulit kepala bayi Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah minyak tersebut menyebabkan bayi iritasi.

Untuk menggunakan metode ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Oleskan minyak secara tipis-tipis ke kulit kepala bayi Anda. 
  • Pijat kulit kepala bayi menggunakan minyak dengan lembut selama sekitar satu menit. Jika bayi Anda masih memiliki titik lemah di kepalanya, berhati-hatilah di sekitar area tersebut.
  • Biarkan minyak tersebut meresap di kulit kepala bayi selama sekitar 15 menit.
  • Cuci minyak di kulit kepala dengan sampo bayi yang memiliki formula lembut.
  • Anda bisa menggunakan cara ini sekali dalam sehari. 

3. Cuci Rambut Bayi

Kebersihan rambut dan kulit kepala dapat mengurangi dan menghilangkan cradle cap. Anda bisa menggunakan sampo bayi untuk mengatasi cradle cap. Lebih baik, gunakan sampo antiketombe yang sesuai dengan rekomendasi dari dokter anak Anda. 

Untuk menggunakan metode ini, Anda bisa melakukan cara sebagai berikut:

  • Basahi rambut dan kulit kepala bayi terlebih dahulu.
  • Pijatkan sampo ke kulit kepala bayi.
  • Gunakan handuk bayi untuk menyabuni sampo dan dengan lembut gosok area yang terdapat cradle cap. Anda juga dapat mencoba menyikat kulit kepala bayi dengan lembut saat Anda keramas.
  • Bilas rambut bayi untuk menghilangkan semua sampo yang ada di kepala bayi.

Tanyakan kepada dokter anak Anda seberapa sering frekuensi mencuci rambut dan kulit kepala bayi yang diperbolehkan. Hal ini karena terlalu banyak keramas dapat membuat kulit kepala jadi kering dan bisa memperparah cradle cap. 

Keramas sangat efektif untuk menghilangkan serpihan cradle cap untuk sementara, dan sangat aman jika Anda menggunakan sampo bayi. Berhati-hatilah agar sabun tidak mengenai mata bayi Anda.

4. Oleskan Krim Resep

Dalam kasus ekstrim, dokter Anda dapat merekomendasikan penggunaan krim antijamur, hidrokortison, atau seng untuk bayi Anda. Ikuti instruksi dari penyedia layanan Anda saat menggunakannya.

5. Cobalah Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial adalah obat herbal yang mengandung bahan aktif dari berbagai tumbuhan. Menggunakan minyak esensial yang mengandung sifat antimikroba dapat membantu melawan cradle cap yang disebabkan oleh. Minyak esensial yang mengandung sifat anti-inflamasi dapat digunakan untuk menenangkan kulit kepala bayi.

Saat memilih minyak esensial, pertimbangkan minyak esensial lemon atau geranium dan minyak pembawa seperti minyak jojoba atau minyak kelapa. Beberapa orang juga merekomendasikan minyak tea tree, tetapi minyak ini sebenarnya tidak terlalu aman jika digunakan untuk bayi kecil dan harus dihindari pada bayi di bawah 6 bulan.

Cradle cap biasanya tidak membutuhkan pengobatan karena dapat hilang sendiri, tetapi jika kulit kepala bayi Anda tampak merah, terlihat terinfeksi atau bayi tidak merasa nyaman, segera berkonsultasi kepada dokter Anda. Tak hanya itu, Anda juga harus segera menghubungi dokter jika cradle cap menyebar ke wajah atau tubuh bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *