citaz

Diagnosis dan Perawatan Citaz Untuk Atherosclerosis

Atherosclerosis adalah sebuah kondisi yang berpotensi serius di mana arteri tersumbat oleh zat berlemak yang disebut plak atau atheroma. Plak tersebut menyebabkan arteri menjadi keras dan sempit, menghambat aliran darah dan pasokan oksigen ke organ tubuh penting, dan meningkatkan risiko penggumpalan darah yang berpotensi dapat menghambat aliran darah ke jantung dan otak.

Untuk itulah obat seperti citaz digunakan untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh atherosclerosis tersebut. Awalnya, atherosclerosis tidak akan menunjukkan gejala apapun dan banyak orang tidak menyadari mereka memilikinya. Namun, kondisi ini apabila dibiarkan saja dapat menyebabkan gangguan yang dapat mengancam nyawa, seperti serangan jantung dan stroke. Kondisi ini dapat dicegah dengan mempraktikkan gaya hidup yang sehat, dan perawatan seperti penggunaan citaz dapat membantu mengurangi risiko masalah serius untuk terjadi.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik jika Anda memiliki gejala atherosclerosis sebelum memberikan resep citaz. Dokter akan memeriksa denyut nadi yang lemah, aneurysm (pembesaran dan benjolan tidak normal pada arteri akibat dinding arterial yang melemah), dan luka yang sembuh secara lambat yang mengindikasikan adanya aliran darah yang terhambat. Seorang dokter ahli jantung akan mendengar jantung Anda guna mencari apakah ada suara-suara yang tidak normal. Dokter kemudian akan melakukan tes lanjutan lain apabila mereka mencurigai adanya atherosclerosis. 

Tes tersebut di antaranya adalah tes darah untuk memeriksa level kolesterol, ultrasound Doppler (yang menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambar arteri untuk menunjukkan adanya penyumbatan), ankle-branchial index (ABI) yang mencari penyumbatan di tangan dan kaki dengan membandingkan tekanan darah di masing-masing tangan dan kaki, MRA atau CTA untuk menciptakan gambar arteri besar di tubuh, cardiac angiogram (yang mana merupakan jenis sinar-X dada yang akan diambil setelah arteri jantung disuntik dengan zat pewarna radioaktif), ECG atau EKG yang mengukur aktivitas listrik di jantung untuk mencari daerah manapun dengan aliran darah yang berkurang, serta tes stres yang akan memantau detak jantung dan tekanan darah saat Anda berolahraga di atas treadmill atau sepeda stationary. 

Perawatan akan melibatkan mengubah gaya hidup yang Anda miliki saat ini untuk mengurangi jumlah lemak dan kolesterol yang Anda konsumsi. Anda mungkin akan diminta untuk lebih banyak berolahraga guna meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kecuali atherosclerosis Anda bersifat parah, dokter dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup sebagai perawatan tahap pertama. Anda juga bisa membutuhkan perawatan medis tambahan, seperti obat citaz dan operasi. 

Obat-obatan seperti citaz dapat membantu mencegah atherosclerosis berubah menjadi lebih parah. Obat-obatan lain yang digunakan untuk merawat atherosclerosis di antaranya adalah obat penurun kolesterol seperti statin dan fibrate, penghambat ACE yang dapat membantu mencegah penyempitan arteri, beta-blocker atau calcium channel blocker untuk menurunkan tekanan darah, diuretic atau pil air untuk membantu menurunkan tekanan darah, dan obat antiplatelet dan anticoagulant seperti aspirin untuk mencegah darah menggumpal dan menyumbat arteri. Aspirin khususnya efektif untuk orang-orang dengan riwayat penyakit kardiovaskular atherosclerotic seperti serangan jantung dan stroke. 

Selain penggunaan obat citaz dan obat-obatan tersebut sebelumnya, operasi dapat dibutuhkan terutama apabila jaringan kulit dan otot terancam. Adapun jenis operasi yang dapat dilakukan di antaranya adalah operasi bypass, terapi thrombolytic, angioplasty, endarterectomy, dan atherectomy. Jenis operasi yang akan Anda dapatkan akan tergantung dengan kondisi Anda. Untuk informasi lebih lanjut seputar perawatan atherosclerosis, hubungi dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *