Endometriosis Center RSUP Fatmawati Jadi Rujukan Nasional

RSUP Fatmawati

Secara sederhana endometriosis dapat dipahami sebagai sebuah gangguan di mana endometrium (lapisan dinding rahim) tumbuh di luar rahim. Jaringan yang seharusnya terdapat di dalam rahim itu bisa tumbuh di mana saja, tetapi umumnya di usus, indung telur, hingga saluran telur. Di Indonesia, pusat pelayanan terpadu endometriosis ada di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan.

Pusat pelayanan terpadu endometriosis tersebut dinamakan Endometriosis Center. Di sini, pasien dengan kasus endometriosis akan ditangani dan dilakukan asesmen bersama dengan Tim Endometriosis RSUP Fatmawati yang terdiri dari Dokter Spesialis Kebidanan, Bedah Urologi, Bedah Digestif, Radiologi, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, dan Gizi Klinik untuk memudahkan penegakan diagnosa.

Sulitnya penegakan diagnosis merupakan suatu tantangan dalam menangani kasus endometriosis. Penegakan diagnosis hanya dapat dilihat dari tindakan laparoskopi. Sementara pemeriksaan penunjang lain seperti USG atau MRI akan banyak membantu hanya jika kondisi jaringan yang tumbuh di tempat yang tidak semestinya itu sudah bentuk kista.

Melalui website resmi RSUP Fatmawati, diketahui setidak-tidaknya ada tiga program pelayanan yang dijalankan Endometriosis Centre RSUP Fatmawati. Tiga program layanan itu antara lain:

  • Pelayanan Diagnostik Terpadu Endometriosis:

Program pelayanan ini dilatarbelakangi oleh seringnya seseorang terlambat mendapat penegakan diagnosis. Hal ini diketahui lewat sebuah studi epidemiologi endometriosis yang menyatakan bahwa keterlambatan diagnosis pasien endometriosis mencapai 10,8 tahun sejak pertama keluhan gejala muncul. 

Endometriosis Center RSUP Fatmawati menyediakan metode diagnostik terlengkap dengan teknik pemeriksaan yang terdepan dalam usaha menegakan diagnosis pasien endometriosis, meliputi comprehensive 3D atau 4D Gynecology Ultrasonography, Saline/Sonographic Gel Magnetic Resonance Imaging, serta pemeriksaan Patologi Anatomi. 

Semua pemeriksaan yang dilakukan di Endometriosis Center RSUP Fatmawati ditangani oleh pakar di bidangnya untuk memberikan hasil yang akurat terhadap pasien, sehingga penanganan keluhan endometriosis dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat.

  • Bedah Invasif Minimal Multidisiplin Lengkap:

Pembedahan pertama yang baik berdampak besar pada masa depan pasien endometriosis. Pembedahan yang kurang optimal akan menurunkan angka kesembuhan pasien serta mempercepat rekurensi dari endometriosis. Pembedahan yang baik adalah di mana semua lesi endometriosis dapat terangkat tanpa tersisa, termasuk lesi kecil yang menempel di organ sekitar seperti kandung kemih, usus, saluran kencing, vagina dan sebagainya. 

Laparoskopi merupakan terapi pilihan dalam penanganan kasus endometriosis. Laparoskopi dapat menilai struktur anatomi dengan lebih saksama dan bersifat least invasive. Endometriosis Center RSUP Fatmawati menyediakan pelayanan Multidisciplinary Laparoscopy Surgery dengan tim dokter yang terdiri dari spesialis kandungan, bedah digestif, bedah urologi, dsb, untuk memberikan pelayanan holistik berupa beberapa tindakan dalam satu kali tindakan operasi, dengan teknik terbaru sesuai Guideline International. Hal ini akan memberikan hasil akhir terbaik pada pasien Endometriosis.

  • Pelayanan Pasca Tindakan Definitif Endometriosis:

Penatalaksanaan endometriosis tidak selesai pada pemberian obat atau tindakan pembedahan semata. Butuh pemantauan lebih lanjut terhadap pasien serta penanganan aspek lain pasien tersebut baik dalam bentuk dukungan moral, perubahan gaya hidup, gizi, psikiatri, dan lain sebagainya.

Endometriosis Center RSUP Fatmawati bekerja sama dengan Indonesian Endometriosis Community untuk menyediakan wadah pendampingan bagi para pasien dalam menjalani hidup dengan Endometriosis. Endometriosis Eenter sudah menangani lebih dari ratusan pasien endometriosis dengan tingkat keparahan beragam dan komplikasi ke organ lain dalam 1 tahun sejak pengoperasiannya.

Itulah tiga progam yang dijalankan Endometriosis Center RSUP Fatmawati. Kendati memegang predikat sebagai rujukan nasional, tetapi ada beberapa rumah sakit yang rutin merujuk pasiennya ke sini. Informasi ini dapat dilihat di laman website RSUP Fatmawati. Adapun rumah sakit rujukan yang dimaksud ada dari Provinsi Jawa Barat, yakni RSUD Depok dan RSUD Bekasi; Provinsi Banten, yakni RSUD Tangerang Selatan, dan Provinsi DKI Jakarta, yakni RSUD Pasar Minggu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *