Inilah Cara Agar Ketiak Tidak Bau Basah dan Hitam

Hiperhidrosis biasa dikenal dengan polihidrosi atau sudorrhea, dimana kondisi berkeringat yang berlebihan. Hal ini bisa terjadi di berbagai area tubuh tertentu atau diseluruh tubuh. Walaupun tidak berbahaya tetapi dapat membuat tidak nyaman serta dapat menyebabkan rasa malu dan trauma bagi pengidapnya. Keringat berlebih ini biasanya terjadi pada bagian tertentu seperti tangan, kaki, selangkangan dan ketiak. Ada berbagai cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam ketika berkeringat. 

cara menghilangkan ketiak basah yang menyebabkan bau badan
  • Hiperhidrosis fokal: Keringat yang hanya ada satu tempat tertentu di badan misalnya keringat berlebih di telapak tangan dan telapak kaki. 
  • Hiperhidrosis umum: Keringat berlebihan ini biasanya terjadi pada mempengaruhi seluruh tubuh.
  • Hiperhidrosis mungkin bisa terjadi dari sejak lahir atau berkembang di kemudian hari. Tetapi kasus ini biasanya terjadi dimulai pada masa remaja. 

Namun terkadang ketika berkeringat yang berlebihan pada satu titik seperti pada di ketiak ini bisa membuat Anda merasa minder. Tetapi ada berbagai macam cara untuk meminimalkan atau mencegah ketiak bau. 

Ketiak yang bau bisa membuat Anda minder, meskipun ini adalah masalah yang pernah dihadapi kebanyakan orang sebelumnya. Umumnya dikenal sebagai bau badan dan secara teknis sebagai bromhidrosis, bau ketiak yang tidak sedap biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Ada beberapa langkah yang bisa mencegah serta meredakan bau ketiak Anda.

Perawatan dan pencegahan bau ketiak 

Perawatan untuk ketiak bau ini bergantung pada tingkat parahnya serta penyebab yang menjadi ketiak Anda bau badan itu. Kadang juga disebabkan oleh kebersihan yang buruk atau menggunakan produk yang salah. Selain itu juga kondisi kesehatan bisa menjadi penyebabnya, oleh karena itu perlu diobati. 

Anda bisa menggunakan Antiperspirant untuk mengurangi jumlah keringat, semakin sedikit yang dihasilkan juga semakin sedikit bau yang dihasilkan. Antiperspirant atau deodoran ini mudah didapatkan di berbagai tempat, bisa digunakan setelah mandi dan di pakai setiap hari untuk mengatasi bau. Namun, Anda juga perlu menggunakan berbagai jenis lainnya agar dapat melihat yang paling cocok dengan Anda. 

Sedangkan untuk deodoran tidak dapat menghentikan keringat tetapi dapat menghilangkan bau keringat. Produk berbahan dasar alkohol dapat menjadikan kulit menjadi asam, Oleh sebab itu bisa memperlambat adanya bakteri penyebab keringat. 

Apabila cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam ini tidak berhasil atau tidak efektif maka coba datang ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara menghilangkannya. 

Deodoran dan antiperspiran hanya menjadi solusi sementara bagi ketiak Anda. Ada beberapa cara lainya yang bisa dilakukan dirumah. Bisa membantu Anda menghilangkan bau ketiak. Pemicu dari bau dari ketiak ini terjadi karena bakteri hidup pada permukaan kulit dan memecah protein ketika berkeringat, serta terdapat pelepasan senyawa asam yang berbeda, menjadi penyebab bau keringat. 

Berikut ini bahan-bahan yang bisa Anda gunakan di rumah.

  1. Cuka Sari Apel 

Cuka sari apel ini mempunyai sifat yang asam, hal ini bisa mencegah berkembangnya bakteri, dan juga akan berdampak pada mencegah bau badan yang tidak sedap. Penggunaanya yaitu ambil cuka sari apel, lalu oleskan pada ketiak Anda dan bagian tubuh lainnya memakai kapas. Atau alternatif lainnya tuangkan cuka sari apel campurkan air dan kemudian pakai deodoran. 

  1. Minyak Lavender 

Minyak lavender mempunyai sifat sebagai anti bakteri yang bisa menghentikan adanya bakteri dari penyebab bau badan. Minyak lavender ini dapat membawa aroma esensi yang lembut. Cara penggunaannya yaitu campurkan minyak lavender dengan soda kue atau tepung jagung, maka dapat mencegah adanya bakteri. 

  1. Air Mawar 

Air mawar memiliki kandungan zat alami yang bisa mengurangi ukuran pori-pori di kulit, tak hanya itu air mawar bisa menurunkan produksi keringat. Cara penggunaanya yaitu dengan campurkan air mawar bersama cuka sari apel. Kemudian simpan campuran tersebut pada botol, lalu semprotkan pada ketiak Anda yang berbau. 

Produk alami bisa melawan bau tubuh

Pemilihan bahan alami dapat menciptakan produk yang bisa didapatkan serta cepat dan tanpa kompromi. Bahan-bahan seperti bunga dan herbal seperti minyak esensial dapat membunuh bakteri ketika berkeringat. Manfaat bahan-bahan alami itu dapat menghilangkan bakteri dan mengurangi bau. 

Ekstrak tumbuhan dan minyak esensial, seperti yang ada dalam Deodoran Alami ini, tidak mencegah proses detoksifikasi, juga tidak berusaha menyembunyikan bakteri bau dengan wewangian yang luar biasa. Sebaliknya, mereka menyerang bakteri dan menghilangkannya, dan membiarkan tubuh Anda membuang racun. Cara agar ketiak tidak bau basah dan hitam itulah yang membuat keseimbangan agar membuat ketiak Anda berbau harum dan tubuh Anda terasa segar kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *