Inilah Cara Membuat Panna Cotta Cendol yang Enak dan Mudah

Menawarkan sensasi yang lebih halus dan lembut di mulut daripada pudding, panna cotta kini menjadi salah satu makanan penutup atau dessert yang banyak digemari oleh masyarakat. Pada umumnya, makanan yang berasal dari Italia tersebut disuguhkan dengan rasa manis dan sedikit pahit apabila dicampurkan sama dark chocolate. Namun demikian, ada pula varian lain yang bisa dicoba, yakni rasa cendol. Lantas bagaimana cara membuat panna cotta cendol? 

Sebelum kita mengetahui lebih jauh proses pembuatan panna cotta cendol, tentu kita bisa bayangkan dulu apa rasanya jika makanan khas negeri pizza itu dimodifikasi dengan minuman khas Indonesia? Meskipun terdengar aneh, tapi bukan tidak mungkin bakal memberikan sensasi baru. Di sisi lain, belajar membuat panna cotta memang tak salah. Pasalnya, tak semua kalangan dapat menikmatinya karena panna cotta dibandrol dengan harga yang mahal. 

Salah satu kunci utama dalam resep pana cotta adalah gelatin

Nah, untuk itu, tanpa berlama-lama lagi mari bisa simak cara membuat panna cotta cendol. Sebelum anda memasuki proses pembuatan, anda perlu memperhatikan lebih dulu bahan yang dibutuhkan untuk membuat panna cotta cendol. Tahap ini diperlukan ketelitian karena bahan yang diperlukan terbilang banyak dan dibagi ke dalam dua bagian. 

Bahan bagian pertama terdiri dari 5 gram gelatin, 25 gram air panas, 100 gram gula merah, 225 gram air, dan 1 gram garam. Sementara itu, bahan kedua yang perlu disiapkan adalah 25 gram air panas, 2 gram garam, 500 gsm susu evaporasi, 10 gram gelatin, dan tentunya cendol yang sudah siap sesuai dengan selera anda.  

Apabila bahan-bahan tersebut telah anda siapkan, langkah pertama dalam cara membuat panna cotta cendol dengan memasukan garam, air, dan gula merah dari bahan pertama ke dalam satu wadah. Lalu, anda perlu memasaknya sampai bahan-bahan itu larut. Setelah dipastikan larut, selanjutnya anda perlu memasukkan gelatin dari bahan pertama dan mengaduknya sampai merata. Proses itu dilakukan sampai mendidih. 

Setelah mendidih, anda perlu mendiamkannya dulu hingga dingin, sebelum menuangkan ke dalam gelas dengan takaran seperempat. Usai langkah itu dilakukan, segera masukkan ke dalam kulkas. Nah, sambil menunggu, anda bisa melakukan langkah berikutnya. 

Cara membuat panna cotta cendol berikutnya adalah memasukan susu evaporasi, air panas, garam, dan gula dari bahan kedua ke dalam satu wadah. Sama seperti bahan pertama, bahan kedua itu juga perlu dimasak sampai semua bahan larut. Sesudahnya, anda tinggal memasukkan gelatin dan mengaduknya sampai mendidih juga. 

Setelah mendidih, anda perlu mendiamkan barang sejenak hingga uap panas menghilang. Ketika telah dipastikan suhunya sudah normal, anda tinggal ambil gelas yang sebelumnya telah terisi hasil dari adonan bahan pertama, untuk kemudian menuangkannya. Kalau sudah, tahap akhir cara membuat panna cotta cendol adalah dengan menambahkan cendolnya. 

Akan tetapi, meskipun langkahnya telah selesai, jangan dulu langsung menyantapnya. Sangat disarankan anda masukkan gelas yang sudah terisi penuh itu ke dalam kulkas lagi. Pasalnya, itu bertujuan agar panna cotta betul-betul menyatu. Lagi pula, untuk menikmatinya, panna cotta cendol sangat enak disantap selagi dingin. 

Demikian penjelasan ringkas mengenai cara membuat panna cotta cendol. Jika anda berminat membuatnya, anda bisa lebih dulu mencicil bahan-bahan yang dibutuhkan dan memasaknya di akhir pekan. Tentu amat menyenangkan mengisi waktu libur dengan menambah kemampuan memasak dan pengetahuan resep. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, dan yang penting adalah dengan tahu cara membuat panna cotta, kita bisa menghemat uang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *