Inilah Manfaat Lokio yang Perlu Diketahui

Ada berbagai jenis bawang yang dapat Anda konsumsi, salah satunya termasuk bawang lokio. Bawang lokio merupakan jenis bawang yang umumnya digunakan sebagai bahan untuk membuat lumpia. Tidak hanya itu, manfaat lokio beragam dan dapat mendukung kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Lokio

Manfaat lokio sangat berguna bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan sebagai berikut:

  • 0,9 kalori.
  • 1,74 mg (2% AKG (angka kecukupan gizi) harian) vitamin C.
  • 6,38 mcg (5% AKG harian) vitamin K.
  • 2,76 mg (kurang dari 1% AKG harian) kalsium.
  • 8,88 mg (kurang dari 1% AKG harian) kalium.
  • 3,15 mcg (kurang dari 1% AKG harian) folat.

Manfaat Lokio

Jika Anda mengkonsumsi bawang lokio, berikut adalah manfaat yang Anda peroleh:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat lokio adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat memproduksi sel darah putih dan kolagen dengan baik. Produksi sel darah putih dan kolagen yang baik dapat membentuk pembuluh darah baru, sel, jaringan tubuh, dan otot. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat lain lokio adalah mampu menjaga kesehatan tulang karena mengandung vitamin K. Semakin bertambah usia seseorang, semakin berkurang kandungan mineral di dalam tulang sehingga mereka berisiko terhadap osteoporosis. Vitamin K dapat meningkatkan kadar mineral di dalam tulang.

  1. Menjaga struktur membran sel

Lokio juga mampu menjaga struktur membran sel di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan daya ingat, suasana hati, pergerakan otot, dan fungsi sistem saraf manusia.

  1. Menjaga kesehatan mata

Lokio mengandung berbagai jenis karoten seperti lutein sehingga mampu menjaga kesehatan manusia dengan baik. Karoten memiliki kegunaan dalam mencegah stres oksidatif pada sistem penglihatan, mencegah degenerasi makula, dan mencegah risiko katarak.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Lokio juga bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan manusia, karena bawang tersebut mampu membunuh bakteri jahat dan jamur di bagian tersebut. Lokio bermanfaat untuk sistem pencernaan karena mengandung berbagai serat dan vitamin penting seperti fosfor dan zinc.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Lokio mengandung senyawa organik penting yang disebut sebagai allicin. Senyawa tersebut mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah sehingga dapat menjaga kondisi jantung.

  1. Mencegah peradangan

Lokio juga bermanfaat dalam mencegah peradangan. Peradangan dapat memicu risiko penyakit seperti kanker.

  1. Mencegah kanker

Lokio mengandung dialil trisulfida (senyawa yang memiliki sifat antikanker) dimana senyawa tersebut dapat menurunkan risiko kanker.

  1. Mencegah cacat lahir

Salah satu cara untuk mencegah cacat lahir adalah mengkonsumsi asam folat. Lokio bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin. Lokio juga mampu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Perhatian Sebelum Mengkonsumsi Lokio

Jika Anda alergi terhadap bawang, Anda sebaiknya konsumsi makanan lain yang dapat memberikan manfaat yang sama bagi tubuh. Selain itu, jika Anda mengkonsumsi bawang lokio secara berlebihan, Anda bisa mengalami risiko sakit perut.

Jika Anda Mengalami Suatu Kondisi

Jika Anda mengalami suatu kondisi seperti kanker, Anda dapat bertemu dengan dokter. Sebelum bertemu dengan dokter, Anda dapat mempersiapkan diri dengan beberapa hal sebagai berikut:

  • Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter.
  • Daftar gejala yang Anda alami.
  • Daftar riwayat medis (jika diperlukan).

Ketika Anda bertemu dengan dokter, dokter akan menanyakan kondisi Anda seperti:

  • Kapan gejala tersebut terjadi?
  • Berapa lama gejala tersebut terjadi?
  • Apakah Anda memiliki riwayat medis?

Setelah mengetahui kondisi Anda, dokter dapat menentukan pengobatannya dan Anda diminta untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah kondisi tersebut terjadi lagi.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat lokio yang bisa Anda peroleh jika Anda mengkonsumsinya. Namun, jika Anda alergi terhadap bawang tersebut, Anda sebaiknya konsumsi makanan lain. Bawang tersebut juga tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping berupa sakit perut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *