Jagalah Kesehatan Mulut Dan Gigi Anda di RSIA NUN Surabaya!

Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Banyak yang menganggap menyikat gigi saja sudah cukup. Namun rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut menggunakan obat kumur, dan menggunakan benang gigi ternyata belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu usaha untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah dengan memeriksanya ke RSIA NUN Surabaya. Di sana terdapat poli mulut dan gigi yang pastinya tidak akan mengecewakan. 

Gigi dan mulut yang bermasalah dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Infeksi pada gigi atau gusi dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Penyakit yang ditimbulkan tidak hanya berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, tapi juga kesehatan organ lain.

Selain menyikat gigi 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, ada beberapa langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya

  1. Menggunakan benang gigi

Benang gigi dapat digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Membersihkan sela gigi dengan benang gigi (dental flossing) bisa Anda lakukan setelah menyikat gigi.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat menyebabkan sejumlah masalah pada gigi dan mulut, seperti bau mulut, perubahan warna gigi, penumpukan plak dan karang gigi, serta munculnya bercak putih di mulut akibat iritasi (leukoplakia). Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mulut. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak merokok agar terhindar dari berbagai masalah pada gigi dan mulut, selain juga untuk menghindari penyakit secara umum.

  1. Menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride

Bakteri yang ada di dalam mulut akan mengeluarkan zat asam untuk mengolah karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi. Zat asam tersebut dapat mengikis mineral di dalam email atau lapisan luar gigi. Hal ini lama-kelamaan bisa menyebabkan gigi berlubang. Untuk membantu mencegah terjadinya gigi berlubang dan memperkuat lapisan email gigi, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride saat menyikat gigi.

  1. Menggunakan obat kumur atau mouthwash

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup dilakukan hanya dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Anda juga perlu menggunakan obat kumur atau mouthwash. Untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa menggunakan obat kumur yang mengandung thymol, methyl salicylate, menthol, dan eucalyptol. Zat-zat tersebut biasanya terdapat dalam obat kumur yang mengandung ekstrak teh hijau, daun mint, siwak, dan daun thyme. Kandungan tesebut diketahui mempunyai efikasi (lebih efektif) membersihkan gigi dan mulut dari plak dan sisa makanan, serta turut menghambat pertumbuhan kuman di dalam mulut. Tak hanya itu, penggunaan obat kumur juga membuat napas lebih segar selama kurang lebih 12 jam.

  1. Waspadai makanan yang mengandung gula

Batasi konsumsi gula karena inilah sumber energi bagi bakteri, penyebab terbentuknya plak yang dapat merusak bagian enamel gigi dan gusi, sekaligus bahan untuk membentuk keasaman mulut. Semua itu dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.

  1. Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur

Periksakan gigi Anda ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Meskipun Anda tidak memiliki keluhan terhadap kesehatan gigi dan mulut, banyak keuntungan yang didapat dengan rutin memeriksakan gigi. Apabila ada kelainan pada gusi, kerusakan gigi, atau penyakit yang lebih serius, dokter dapat mendeteksinya lebih awal. Anda bisa melakukan periksaan rutin ke RSIA NUN Surabaya.

Anda bisa melakukan pemeriksaan rutin terhadap kesehatan mulut dan gigi di RSIA NUN Surabaya. Rumah sakit tersebut tidak hanya berfokus pada pelayanan anak dan ibu saja, tetapi juga fasilitas kesehatan yang lain. Jika Anda ingin periksa ke RSIA NUN Surabaya, bisa dilakukan melalui SehatQ untuk melihat jadwal konsultasi dan lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *