Kandungan Obat Asam Lambung Promag

Penulis: Agnes Sarila Wiridhani

Penyakit asam lambung (mag) merupakan nyeri yang berasal dari lambung atau usus halus. Ada berbagai penyebab yang dapat menyebabkan mag. Kebanyakan orang dengan sakit maag merasakan nyeri dan sensasi terbakar di perut. Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengobati asam lambung, Anda dapat menggunakan obat asam lambung. Ada berbagai jenis merek obat asam lambung yang dapat Anda gunakan, salah satunya adalah Promag.

Gejala Asam Lambung

  • Sakit perut (gejala pertama yang mungkin Anda rasakan adalah sakit perut dan ada sensasi terbakar).
  • Gangguan pencernaan (merasa kembung atau sering bersendawa).
  • Mual
  • Kehilangan selera makan

Kapan harus ke dokter 

Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin jika Anda mulai muntah darah atau melihat perubahan pada tinja Anda. Jika tinja Anda berwarna gelap, lengket, atau seperti tar, ini adalah tanda komplikasi serius. Anda juga harus menemui dokter jika sakit perut Anda terus memburuk tanpa ada kelegaan.

Obat Asam Lambung Promag

Promag merupakan obat untuk meredakan asam lambung yang terbuat dari kombinasi antara antasida dengan simetikon. Kombinasi ini digunakan untuk terapi dyspepsia (maag), sehingga mampu mengurangi gejala maag seperti kembung, mual, dan bersendawa. Promag mengandung dua bahan utama yaitu antasida Kalsium karbonat, Magnesium (Mg(OH)), dan Famotidine yang dapat menetralkan asam lambung secara efektif dan mengurangi gas yang berlebihan di saluran pencernaan Anda.

Kandungan Promag

  1. Kalsium karbonat

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang ditemukan secara alami dalam makanan. Kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk memelihara kesehatan. Kalsium karbonat mampu mengatasi gejala asam lambung yaitu nyeri ulu hati (heartburn). Hal ini karena kalsium karbonat bersifat antasida yang dapat menurunkan tingkat keasaman lambung. Selain itu, obat ini mampu mencegah dan mengobati kekurangan kalsium.

  1. Magnesium Hidroksida

Magnesium adalah mineral alami. Mineral ini dapat membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan air di usus sehingga menyebabkan buang air besar lancar. Magnesium hidroksida merupakan antasida yang mampu meredakan gangguan pencernaan seperti asam lambung dan mulas.

Selain sebagai obat asam lambung, magnesium hidroksida juga digunakan sebagai pencahar untuk meredakan sembelit. Hal ini karena magnesium hidroksida bersifat laksatif dan bekerja dengan melunakkan feses, sehingga buang air besar Anda menjadi lancar. Namun, tetap saja penggunaan obat ini tidak disarankan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Famotidine 

Famotidine sering ditemukan dalam berbagai merek obat asam lambung. Hal ini karena famotidine mampu mengatasi sakit maag, penyakit asam lambung atau GERD secara efektif. Selain itu, famotidine juga efektif meredakan nyeri pada ulu hati atau meredakan heartburn.

Cara kerja famotidine adalah dengan menghambat zat histamin pada reseptor H2 di lambung. Dengan begitu, gejala nyeri dapat teratasi. Selain itu, Famotidine bisa tersedia dalam bentuk tunggal atau kombinasi dengan obat antasida.

Namun, Anda tidak disarankan menggunakan obat yang mengandung famotidine jika Anda alergi terhadap famotidine dan obat-obatan lainnya serupa seperti ranitidine (Zantac), cimetidine (Tagamet), atau nizatidine (Axid).

Dosis dan Aturan Pakai Promag

Dosis Promag dapat berbeda-beda, tergantung jenis Promag yang Anda pilih dan usia pasien. Namun, pada umumnya dosis penggunaan Promag yang tertera pada label kemasan yaitu:

Promag Tablet dan Promag Fruity

  • Dosis dewasa: 1–2 tablet kunyah, dikonsumsi 3–4 kali sehari.
  • Dosis anak-anak 6–12 tahun: ½–1 tablet kunyah, dikonsumsi 3–4 kali sehari.

Promag Cair

  • Dosis dewasa: 1–2 sachet, diminum 3–4 kali sehari.
  • Dosis anak-anak 6–12 tahun: ½–1 sachet, diminum 3–4 kali sehari

Promag Double Action

  • Dosis dewasa dan anak usia 12 tahun: 1 tablet kunyah, 2 kali sehari. Tidak diperbolehkan mengosnumsi lebih dari 2 tablet per hari.

Promag Gazero Herbal

  • Dewasa: 1 sachet, 3 kali sehari
  • Dosis anak-anak: tidak disarankan untuk anak-anak

Interaksi Promag dengan Obat Lain

Promag mengandung bahan-bahan aktif antasida yang dapat menimbulkan interaksi obat jika digunakan dengan obat-obatan tertentu. Berikut obat-obatan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan Promag:

Efek Samping dan Bahaya Promag

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kandungan magnesium hidroksida, hydrotalcite, simethicone, kalsium karbonat, dan famotidine di dalam Promag meliputi:

  • Diare atau sembelit
  • Mual
  • Sakit kepala atau pusing

Konsultasikan dengan dokter jika efek samping di atas tidak kunjung membaik. Segera temui dokter jika mengalami reaksi alergi obat dan efek samping serius yang jarang terjadi, seperti feses atau muntah berwarna kehitaman, artimia, rasa sakit ketika buang air kecil, dan perubahan mental atau suasana hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *