Kenali Jenis Vitamin K dan Manfaat Vitalnya bagi Kesehatan

Apakah Anda familier dengan vitamin K? Seperti yang diketahui, terdapat berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, B, C, D, K, dan lain sebagainya. Anda mungkin sudah paham betul peran beberapa vitamin yang telah disebutkan. Namun, bagaimana dengan manfaat dari vitamin K untuk kesehatan?

Secara garis besar, peran utama vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah agar dapat dilakukan dengan cepat dan mencegah terjadinya pendarahan secara berlebihan.

Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin K

Vitamin K pada dasarnya terdiri atas beberapa kelompok senyawa, yaitu vitamin K1 dan K2. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin K1, antara lain, sayur-sayuran hijau. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan kandungan vitamin K2 dari daging, keju, atau telur.

Selain dari beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin K, Anda juga dapat mengonsumsi sayuran dan buah tertentu, seperti bayam, brokoli, asparagus, dan kacang-kacangan. Sebagai variasi pilihan, Anda dapat mengonsumsi stroberi, hati ampela, atau telur.

Apa saja jenis vitamin K?

  • Vitamin K1

Vitamin K1 memiliki peran untuk mencegah pendarahan dan membantu proses pembekuan darah. Bagi beberapa orang yang memiliki risiko terkena cedera tinggi, seperti atlet, tentu kandungan vitamin K1 berperan penting untuk mencegah pendarahan berlebih yang berakibat kehabisan darah.

  • Vitamin K2 MK-4

Vitamin K2 jenis ini merupakan vitamin yang paling mudah diserap oleh tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk mencegah adanya penumpukan kalsium di seluruh organ tubuh dan pembuluh darah manusia. tidak hanya itu, vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang berperan untuk mencegah pemicu terjadinya kanker.

  • Vitamin K2 MK-7

Jika vitamin K2 MK-4 memiliki sifat yang mudah diserap oleh tubuh, vitamin K2 MK-7 ini mudah diserap ke dalam tulang. Tidak heran jika vitamin ini memiliki peran utama untuk melindungi dan mencegah tulang dari keropos atau kelainan tulang lainnya.

Manfaat dan peran vitamin K di atas, hanyalah segelintir contoh dari beragam manfaat yang tidak disebutkan. Penting bagi Anda untuk tetap menjaga keseimbangan jumlah vitamin K agar kondisi tubuh selalu prima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *