Lopamid, Pilihan Tepat Atasi Diare Kronis

Diare kronis merupakan penyakit dari gangguan pencernaan yang tidak boleh dianggap remeh dan memerlukan perawatan yang khusus. Diare kronis bisa bertahan hingga lebih dari 2 minggu bila tidak segera diatasi. Maka dari itu, lebih baik segera atasi diare kronis sebelum semakin membahayakan diri Anda. Anda bisa menggunakan Lodia Table yang mengandung lopamid sebagai langkah penanganan awal dari diare kronis.

Lodia tablet sangat ampuh untuk meredakan diare atau buang air besar yang terjadi secara terus menerus sehingga tepat jika dikonsumsi untuk penanganan awal bila mengalami diare. Obat ini mengandung zat aktif loperamide HCL yang bermanfaat untuk mengendalikan diare yang berhubungan dengan radang usus. 

Penyebab dari diare kronis ini beragam sehingga diperlukan juga penanganan yang berbeda berdasarkan dari penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab dari diare kronis yang mungkin saja terjadi pada Anda.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat sangat memengaruhi kesehatan tubuh Anda termasuk dalam menjadi penyebab dari diare kronis. Berikut ini beberapa gaya hidup tidak sehat yang bisa jadi pemicu gangguan pencernaan kronis.

  • Alkohol atau kafein

Mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan buang air besar menjadi sangat cair. Begitu pun jika Anda mengonsumsi alkohol dalam batas yang tidak wajar.

  • Makanan tinggi gula

Bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis buatan seperti sorbitol, manitol, fruktosa, serta laktosa dapat menyebabkan diare.

  • Konsumsi obat atau ramuan herbal

Jika Anda sering mengonsumsi teh herbal atau ramuan yang mengandung pencahar alami seperti daun jati cina bisa mengalami diare kronis jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Efek samping obat-obatan tertentu

Penggunaan obat – obatan tertentu baik dari resep dokter atau pun yang terjual bebas bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya diare konis. Obat – obatan antiobiotik seperti amoxicillin, cefpodoxime, dan ampicillin, obat pencahar buang air besar, antidepresan, antasida, dan obat – obatan kemoterapi bisa jadi pemicu terjadinya diare kronis.

  1. Infeksi

Adanya infeksi parasit, infeksi bakteri sampai infeksi virus bisa jadi penyebab diare kronis. Cyclospora, Entamoeba histolytica atau Giardia, microsporidia, Aeromonas, Campylobacter, Clostridium difficile, E. coli merupakan parasit dan bakteri yang bisa memicu diare dalam jangka panjang.

Pengobatan untuk diare kronis dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Semua pilihan ini disesuaikan dengan penyebab awalnya. Berikut ini beberapa pilihan penanganan dari diare kronis.

  1. Memberikan obat-obatan

Salah satu cara tercepat dalam mengatasi diare kronis adalah dengan mengonsumsi obat – obatan yang diberikan oleh dokter atau pun membelinya secara bebas di apotek. Obat – obatan seperti Loperamide, ondansetron, diosmectite, probiotik, antispasmodik, dan obat antiinflamasi merupakan jenis obat yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi diare kronis.

  1. Mencukupi kebutuhan cairan

Jika Anda mengalami diare kronis, risiko dari dehidrasi sangat mungkin terjadi. Maka dari itu, Anda harus menambah asupan cairan harian lebih dari biasanya. Anda bisa mengonsumsi banyak air putih atau pun mengonsumsi kaldu dan sup hangat. 

  1. Mengubah pola makan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare kronis adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Anda bisa menghentikan mengonsumsi alkohol atau pun minuman berkafein dan bersoda. Anda pun bisa mengendalikan porsi makan menjadi lebih sedikit namun sering. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare kronis selain mengonsumsi obat yang mengandung lopamid seperti Lodia tablet. Jika kondisi tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *