Medika Plaza, Klinik Kesehatan Terkemuka di Indoensia

PT Kartika Bina Medika atau yang dikenal dengan Medika Plaza merupakan layanan kesehatan di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1997. Sebagai salah satu pelopor besar di dalam penyedia layanan kesehatan di Indonesia, Medika Plaza menawarkan enam layanan kesehatan yang menyeluruh, yang meliputi:

  • Medical Center (klinik medical check up, rawat jalan, dan apotek)
  • Medical On-Site (penyedia jasa medis atau pengelolaan in-house klinik)
  • Medical Evacuation (penyedia jasa evakuasi medis)
  • Medical Administration Service (layanan administrasi kesehatan cashless di Medika Plaza provider)
  • Medical Training (pelatihan medis di lingkup sekolah, kampus, dan perkantoran)
  • Medical Hospital Management (pengelolaan rumah sakit).

Layanan medical center berarti Medika Plaza berkomitmen untuk memberikan pelayanan medis yang terbaik dengan dukungan daripara dokter dan tenaga medis profesional. Medika Plaza juga menyediakan beberapa prosedur medis unggulan seperti medical check up, audiometri, radiologi, USG, tes alkohol, fisioterapi, X-ray, vaksinasi, treadmill, pap smear, dan ekokardiografi. 

Sejak berdiri pada tahun 1997, Medika Plaza juga terus berkembang dan terus berkomitmen untuk mewujudkan kondisi diagnosis dan pengobatan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Komitmen ini diwujudkan dengan senantiasa memberikan pelayanan terbaik dengan strandar maksimal bagi para pasien. 

Saat pandemi seperti sekarang, Medika Plaza juga menunjukkan komitmennya dengan memberikan pelayanan COVID-19, yang meliputi vaksinasi, tes COVID-19, serta pelayanan Medical Check Up COVID-19. 

Dikutip dari investor.id, Dokter Klinik Medika Plaza dr. restu Natasya mengatakan, di masa saat ini medical check up secara berkala lebih krusial dibanding sebelumnya. Pasalnya, COVID-19 lebih berbahaya jika menyerang pasien yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid. Tetapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui mereka memiliki penyakit komorbid atau tidak. Karena itu, layanan medical check up sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi pasien.

Selain itu, Medika Plaza juga menyediakan layanan tes COVID-19, seperti swab PCR test, rapid antigen, dan rapid test antibodi. PCR atau polymerase chain reaction merupakan salah satu metode pemeriksaan laboratorium yang bertujuan untuk mendeteksi keberadaan suatu material genetik tertentu dari sel, bakteri, maupun virus. Saat ini, PCR sangat ramai dilakukan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19. Tes ini dianggap memiliki tingkat keakuratan yang sangat tinggi karena langsung mendeteksi material genetik seperti DNA maupun RNA dari virus corona.

Tes PCR dilakukan dengan mengambil sampel dahak, lendir, atau sampel cairan nasofaring yaitu bagian antara hidung dan tenggorokan, orofaring yaitu bagian antara mulut dan tenggorokan, atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi virus COVID-19. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode swab yang kemudian akan diteliti di laboratorium.

Tes swab PCR di Medika Plaza sendiri dilakukan dengan high hroughput PCR test. Laboratorium Medika Plaza dapat menampung kapasitas hingga 5.000 tes swab PCR per harinya. Hasilnya pun cepat hanya sehari setelah pemeriksaan. Pasien juga dapat melakukan tes swab dengan drive thru, ride thru, atau walk thru

Medika Plaza juga menawarkan layanan rapid antigen dan rapid antibodi. Rapid test antibodi merupakan pemeriksaan yang menggunakan sampe darah untuk mengetahui kadar antibodi imunoglobin G dan M (lgG dan lgM) terhadap virus dalam tubuh. Sementara rapid antigen atau swab antigen dilakukan untuk mengetahui protein dari virus yang berada dalam tubuh dan memunculkan respon kekebalan. Swab antigen menggunakan sampel lendir dari hidung atau baguan tenggorokan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *