Mengenal Hand Grip, Alat Olahraga Tangan Paling Populer

Alat olahraga tangan terbaik

Alat olahraga tangan itu banyak sekali jenisnya. Sebut saja barbel, dambel, push up bar hingga samsak tinju.

Semua untuk melatih otot lengan. Tak hanya otot lengan, tetapi juga otot bahu, dada, dan perut. Anda yang melakukannya pun selain badan segar bugar, juga mendapatkan bentuk tubuh yang indah.

Salah satu alat yang sering digunakan adalah hand grip. Seperti namanya alat ini berbentuk pegangan tangan seperti pada bus dan kereta api namun mempunyai dua tuas pada kedua sisinya yang digunakan untuk ditekan melalui gerakan tangan berkali-kali.

Hand grip sendiri mempunyai banyak fungsi. Fungsi-fungsi itu adalah sebagai berikut:

  • Melatih otot pergelangan tangan dan lengan bawah
  • Meningkatkan kemampuan cengkraman tangan
  • Meningkatkan kemampuan mengangkat
  • Meningkatkan kemampuan jari-jari dan ketangkasan tangan
  • Meningkatkan kekuatan otot-otot pada tubuh

Lalu apa saja manfaat hand grip itu sendiri?

Sebagai salah satu alat olahraga tangan yang populer, dan praktis digunakan, hand grip mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, yaitu:

Meningkatkan daya tahan otot

Hand grip bukan sekadar alat namun ia ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan otot Anda terutama pada bagian lengan.

Daya tahan ini tentunya sangat bagus bagi Anda untuk bisa melakukan olahraga tangan lainnya seperti push up sekaligus membantu Anda membangun otot.

Meningkatkan daya tahan terhadap nyeri

Nyeri bisa dialami oleh siapa saja. Tidak mengenal tua dan muda. Lokasinya pada tubuh bisa terjadi pada kaki dan tangan.

Supaya Anda mempunyai daya tahan yang kuat terhadap nyeri, Anda bisa melakukannya dengan hand grip.

Hand grip sendiri juga akan mengurangi risiko Anda tidak bisa memegang sesuatu dengan kuat karena nyeri tersebut yang disebabkan faktor usia dan penyakit.

Meningkatkan kekuatan tangan

Apabila Anda sering sekali berlatih dengan hand grip, Anda akan merasakan tangan yang begitu kekar dan kuat sehingga mampu melakukan berbagai aktivitas harian yang di dalamnya mengangkat beban.

Ini karena hand grip membuat otot-otot lengan Anda terhubung langsung pada jari-jari dan bahu sehingga meningkatlah massa otot lengan bawah Anda.

Memudahkan aktivitas harian

Penggunaan hand grip yang rutin akan memudahkan segala macam aktivitas harian Anda. Mulai dari yang ringan hingga berat.

Seperti menyapu, mengepel, membersihkan halaman, hingga berkebun. Anda pun jadi merasa enteng setelah melatih tangan Anda dengan hand grip.

Cara memilih hand grip yang tepat

Di bawah ini adalah cara memilih hand grip yang tepat supaya Anda bisa merasakan segala manfaatnya bagi tubuh

Ketahui dahulu manfaatnya

Anda tentu sudah mengetahui bahwa manfaat hand grip adalah untuk melatih kekuatan otot lengan bawah sehingga memudahkan segala macam aktivitas harian.

Karena itu, pilihlah hand grip yang memiliki yang benar-benar bisa meningkatkan kemampuan Anda tersebut.

Mengetahui fitur yang ada

Hand grip itu banyak sekali jenisnya. Ada yang terbuat dari besi, dan ada juga yang terbuat dari plastik.

Namun jika Anda ingin soal kualitas dan tahan lama, pilihlah yang dari besi. Ketika Anda sedang mengalami masa pemulihan dari cedera, dan tetap ingin berlatih, pilihlah hand grip yang ringan.

Perhatikan faktor keamanannya

Karena terobsesi ingin mempunyai tangan dan lengan yang kuat dan kokoh, Anda pun menggunakan hand grip yang terlalu besar, dan berlatih secara berlebihan.

Akibatnya adalah Anda mengalami cedera karena tangan Anda tidak mampu mengakomodasi hand grip tersebut. Karena itu, perhatikanlah faktor keamanan yang ada.

Utamakan kenyamanan 

Terakhir adalah hand grip yang Anda pilih setidaknya harus membuat Anda nyaman melakukannya.

Sebab, percuma jika Anda tidak nyaman dengan salah satu alat olahraga tangan ini, hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *