orphen obat apa

Menjawab Pertanyaan Orphen Obat Apa dan Mengenali Gejala Rhinitis serta Penanganannya

Sebagian orang mungkin pernah mendengar mengenai obat Orphen, namun tidak sedikit juga yang bertanya-tanya Orphen obat apa. Beberapa penderita rhinitis alergi tidak asing dengan obat ini karena dapat diandalkan saat gejala rhinitis menyerang. Jika rhinitis alergi tidak segera ditangani, maka dapat menghambat aktivitas penderitanya dalam jangka waktu yang panjang.

Rhinitis alergi yang disebut juga hay fever merupakan peradangan yang terjadi pada hidung bagian dalam. Penyakit ini umumnya terjadi karena penderita terpapar alergen tertentu. Alergen adalah zat yang tidak dapat berbahaya namun bisa menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang.

Gejala Rhinitis Alergi

Tanda dan gejala rhinitis alergi akan langsung muncul setelah penderitanya terpapar alergen. Umumnya, gejala yang terjadi adalah sebagai berikut:

  • Bersin
  • Batuk
  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Hidung gatal
  • Mata gatal
  • Mata berair
  • Sakit kepala
  • Gatal-gatal
  • Tenggorokan terasa gatal dan sakit
  • Kulit kering dan gatal hinggz melepuh atau berair
  • Lelah yang berlebihan

Gejala rhinitis alergi tiap penderitanya bisa berbeda-beda. Gejala seperti sakit kepala yang berulang dan kelelahan biasanya muncul jika penderita terpapar alergen dalam jangka waktu yang lama.

Lama gejala ini dirasakan penderitanya juga berbeda-beda. Biasanya gejala-gejala tersebut dapat membaik seiring berjalannya waktu. Namun, bagi beberapa penderita bisa mengalami gejala ini hingga bertahun-tahun serta gejalanya seperti tidak akan hilang sama sekali. Hal ini tergantung pada alergen tiap penderitanya. 

Faktor Pemicu Rhinitis Alergi

Gejala rhinitis alergi muncul setelah penderitanya terpapar alergen. Beberapa zat yang sering menjadi alergen adalah seperti tungau, debu, bulu hewan peliharaan, serbuk sari pohon, dan rumput atau ragweed.

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa membuat gejala rhinitis alergi menjadi parah, seperti asap, polusi udara, rokok, angin, bau menyengat, dan suhu dingin.

Cara Mengatasi Rhinitis Alergi

Perubahan gaya hidup dapat mengurangi gejala rhinitis alergi. Jika alergi disebabkan oleh debu atau jamur, Anda bisa mengatasinya dengan lebih sering membersihkan rumah dan menggunakan dehumidifier. Apabila alergennya adalah yang berasal dari luar, sebisa mungkin tutup semua jendela untuk menghindari serbuk sari atau alergen lainnya masuk ke dalam rumah. 

Konsumsi juga makanan yang dapat mengurangi gejala rhinitis alergi seperti makan yang mengandung kunyit, capsicum, spirulina, vitamin C, madu, dan minyak ikan.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi obat antihistamin seperti Orphen. Untuk menjawab pertanyaan Orphen obat apa, Anda telah menemukan jawabannya. Ya, obat ini dapat digunakan untuk mengobati gejala rhinitis alergi seperti bersin, pilek, mata berair, hidung gatal, dan radang selaput lendir. Tidak hanya itu, Orphen juga mampu mengatasi beberapa kondisi lainnya seperti alergi kulit, kaligata, kulit gata-gatal, biduran, dan urtikaria.

Orphen mengandung Klorfeniramin maleat 4 mg dan merupakan golongan obat bebas terbatas. Maka dari itu, Anda harus menggunakannya sesuai petunjuk pada kemasan atau arahan dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Petunjuk penggunaan Orphen pada kemasan, diantaranya:

  • Anak-anak usia 2 hingga 6 tahun sebanyak 1 mg dan dikonsumsi 3 kali/hari.
  • Anak-anak usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 2 mg dan dikonsumsi 3 kali/hari.
  • Dewasa sebanyak 4 mg dan dikonsumsi 3 kali/hari

Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Simpan pada tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari cahaya matahari untuk menjaga kualitasnya

Setelah mengetahui Orphen obat apa, Anda bisa menggunakannya jika mengalami kondisi-kondisi yang telah disebutkan sebelumnya. Dapatkan produk ini di toko online kesehatan yang terpercaya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *