lanamol obat sakit gigi

Meredakan Nyeri Sakit Gigi dengan Lanamol Kaplet 500mg

Rasa nyeri seringkali timbul bersamaan dengan beberapa penyakit lainnya, sebut saja sakit gigi. Umumnya sakit gigi disertai dengan rasa ngilu dan nyeri pada bagian gigi maupun gusi. Nyeri akibat sakit gigi dapat diredakan menggunakan obat Lanamol Kaplet 500mg.

Lanamol Kaplet 500mg merupakan obat dengan kandungan paracetamol yang diformulasikan untuk membantu meredakan rasa nyeri ringan hingga sedang pada sakit kepala dan gigi. Selain itu, Lanamol Kaplet 500mg ini juga dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit ringan lainnya yang dapat menimbulkan rasa nyeri, contohnya berikut ini:

  1. Demam

Selain menggigil, sebagian orang mungkin merasakan nyeri ketika mereka demam. Hal ini lantaran demam merupakan suatu bentuk perlawanan tubuh ketika mengalami infeksi penyakit, sehingga suhu tubuh meningkat dan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada beberapa organ tubuh lainnya. Apabila merasakan nyeri tersebut, maka Anda dapat mengonsumsi Lanamol kaplet 500mg, atau segeralah mengunjungi dokter terdekat jika demam tidak kunjung turun.

  1. Sakit punggung

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit punggung, misalnya cedera ringan, penyakit artritis seperti osteoporosis, kerangka tubuh yang tidak sesuai, hingga aktivitas mengangkat beban berat yang dilakukan terus-menerus. Beberapa penyakit punggung yang tergolong ringan dapat sembuh dengan cepat, namun penyakit punggung lainnya yang cukup berat dan serius harus mendapatkan perawatan khusus dari dokter spesialis.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala kerap disertai dengan rasa nyeri yang menjalar pada sebagian hingga seluruh sisi kepala.  Sakit kepala ringan dapat diobati dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol. Apabila sakit kepala masih berlanjut hingga beberapa hari, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Nyeri menstruasi

Sebagian wanita merasakan nyeri saat periode menstruasinya. Nyeri tersebut kerap timbul bersamaan dengan kram pada perut bagian bawah, nyeri pinggang, mual, sakit kepala hingga demam. Rasa nyeri akibat menstruasi ini dapat diringankan dengan mengompres bagian yang sakit menggunakan handuk hangat maupun mengonsumsi obat pereda nyeri seperti Lanamol.

  1. Sakit gigi

Sakit gigi timbul disertai dengan gejala nyeri dan nyut-nyutan pada area gigi dan gusi. Ada banyak hal yang menyebabkan sakit gigi, seperti karies gigi, gigi berlubang, gigi sensitif dan lain sebagainya.

Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

Nyeri dan nyut-nyutan pada area gigi dan gusi ini sangat mengganggu bahkan hingga mengakibatkan sakit kepala. Anda dapat mengatasi rasa sakit gigi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Berkumur dengan air garam;
  • Mengompres pipi dengan air dingin;
  • Mengoleskan minyak cengkeh;
  • Menggunakan potongan bawang putih yang ditempelkan pada bagian gigi yang sakit;
  • Minum obat pereda nyeri, seperti Lanamol.

Dosis Lanamol ini disesuaikan dengan usia yang mengonsumsinya. Berikut rincian lebih lanjut dari dosis serta efek samping dari penggunaan Lanamol Kaplet 500mg.

Dosis dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun:

  • 0,5-1 gr, 3 kali sehari, maksimal 4 gr per hari.

Dosis anak-anak di bawah 12 tahun

  • 1-2 bulan: 30 mg, 3 kali sehari.
  • 3-6 bulan: 60 mg sebanyak 3 kali/hari.
  • 6 bulan-2 tahun: 120 mg sebanyak 3 kali sehari.
  • 2-4 tahun: 180 mg sebanyak 3 kali sehari.
  • 4-6 tahun: 240 mg sebanyak 3 kali sehari..
  • 6-8 tahun: 240-250 mg sebanyak 3 kali sehari.
  • 8-10 tahun:360-375 mg sebanyak 3 kali sehari.
  • 10-12 tahun: 480-500 mg sebanyak 3 kali sehari.

Berikut beberapa efek samping obat Lanamol  yang perlu Anda perhatikan:

  • Gangguan pencernaan: mual, muntah, nyeri pada perut bagian atas, feses berwarna kegelapan.
  • Gangguan pada kulit: gatal-gatal, muncul ruam dan biduran.
  • Gangguan umum lainya: tubuh merasa lelah, nafsu makan hilang, tekanan darah menurun, jumlah trombosit berkurang (trombositopenia), serta jumlah sel darah putih berkurang (leukopenia).

Demikianlah penjelasan mengenai sejumlah penyakit yang menimbulkan rasa nyeri, serta beberapa informasi lebih lanjut mengenai obat Lanamol Kaplet 500mg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *