Nih 5 Cara Mudah Hilangkan Pantat Bau

Pantat bau cukup umum dialami oleh setiap orang. Lalu bagaimana cara menghilangkan pantat bau?

Pantat bau dapat berasal dari area pantat atau dari bagian anus. Bau tak sedap ini sebenarnya normal, khususnya sebelum membersihkan diri.

Bau tak sedap pada pantat terjadi karena area pantat selalu tertutup dan minim udara. Kondisi menjadi lembap dan mudah menyimpan bau.

Namun, jika Anda mulai merasa bau pantat terlalu ekstrem meski sudah mandi dengan bersih, ada beberapa kondisi yang perlu Anda perhatikan. 

Umumnya, pantat bau muncul ketika area ini berkeringat. Keringat yang becampur dengan bakteri biasanya dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Selain keringat, berbagai kondisi kesehatan juga dapat memicu munculnya bau yang tidak normal pada area pantat.

Lalu bagaimana cara menghilangkan pantat bau?

Apa penyebab bau pantat?

  • Jenis keringat hiperhidrosis
  • Sindrom bau ikan
  • Jenis bakteri
  • Bau badan

Bau pantat tak sedap bisa muncul selama olahraga, setelah sepanjang hari duduk di depan meja kantor, setelah makan makanan pedas, bahkan ketika Anda di bawah stres ekstrem.

Selain lembap dan bau busuk, ada kemungkinan bakteri menumpuk di kulit pantat dan menyebabkan gatal-gatal kronis. Kombinasi tiga hal ini tentu bisa jadi masalah besar.

Ada pula penyebab-penyebab lain yang mungkin tidak Anda duga seperti faktor makanan, pakaian dalam kotor, dan tidak membilas area pantat dengan benar

Nah setelah Anda memahami penyebabnya, yuk simak beberapa cara mencegah pantat bau di bawah ini!

1. Pilih pakaian bersih, longgar, dan non-sintetis

Jangan terlalu sering mengenakan celana ketat. Kulit pantat juga butuh udara segar yang bagus untuk membuang keringat. Celana-celana dari bahan sintetis juga bisa memperburuk bau pantat.

Nah jika Anda terbiasa menggunakan legging atau celana olahraga, sebaiknya Anda beralih ke bahan kain yang lebih natural seperti linen atau katun.

Anda juga bisa mengurangi penggunaan celana ketat. Sesekali boleh, tapi bebaskan diri Anda ketika di rumah.

2. Mandi air dingin

Tampak sederhana, tapi solusi ini efektif. Anda sebaiknya Mandi dengan air dingin, bukan dengan air panas.

Air panas akan membuat Anda mudah berkeringat, dan keringat adalah salah satu penyebab utama pantat bau. Karena itu, mandi air dingin bisa jadi solusi dengan segala manfaatnya.

Jika Anda sudah terbiasa mandi air panas dan tidak kuat dengan air dingin. Usahakan area pantat saja yang dibilas dengan air dingin, sisa tubuh lainnya boleh air panas.

3. Jaga makanan

Sebagian makanan bakal membuat Anda lebih sering kentut. Ini tergantung pada reaksi tubuh Anda, berarti setiap manusia berbeda-beda.

Kenali tubuh Anda, mungkin Anda punya kondisi intoleransi laktosa dan glukosa. Jika demikian, Anda tidak bisa makan produk olahan susu sapi.

Nah Anda harus belajar mengenali kondisi tubuh Anda dan menjelaskannya kepada dokter.

4. Wax bulu pantat

Seharusnya bulu-bulu halus di area pantat membawa banyak manfaat alami. Namun, pada kondisi tertentu Anda mungkin perlu membersihkannya untuk sementara.

Bulu-bulu pantat ini bisa menjebak bakteri dan bau tak sedap. Anda bisa coba menghilangkannya untuk melihat dampak yang mungkin terjadi.

5. Coba bedak bayi

Anda pasti pernah menggunakan bedak bayi saat masih kecil, karena itu tidak ada salahnya mencoba lagi. Tenty Anda harus membatasi penggunaannya, cukup taburkan tipis di kedua sisi pantat.

Nah jika Anda merasakan gatal-gatal, coba gunakan bedak dengan bahan alami. Pilih yang mengandung cornstarch-based, umumnya aman bagi orang dewasa.

Demikian 5 cara mudah menghilangkan pantat bau. Anda bisa mencoba dan menyesuaikannya dengan kondisi diri Anda.

Namun, jika Anda merasa bau pantat terlalu ekstrem. Segera temui dokter untuk mencari solusi menghilangkan pantat bau karena faktor medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *