Lengkapi Nutrisi Ibu Hamil dengan Konsumsi Makanan Sehat

Lengkapi Nutrisi Ibu Hamil dengan Konsumsi Makanan Sehat

Asupan nutrisi ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan janin. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengetahui berbagai makanan bernutrisi tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kandungannya. Beberapa makanan berikut ini bisa menjadi sumber nutrisi tinggi di masa kehamilan.

Sama seperti langkah mengobati, makanan kaya zat besi juga bisa disantap untuk menghindarkan Anda dari anemia akibat kekurangan zat besi. Jenis makanannya meliputi daging merah, daging unggas, daging ikan, sayuran hijau seperti brokoli, sereal dan biji-bijian yang kaya akan zat besi, kacang-kacangan, serta telur merupakan nutrisi ibu hamil yang baik untuk mencegah anemia.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein tinggi. Itulah sebabnya, kacang-kacangan menjadi makanan bernutrisi tinggi yang disarankan. Terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya. Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kedelai, polong, dan sejenisnya yang rendah kolesterol, aman dikonsumsi ibu hamil.

  1. Sereal

Sereal merupakan sarapan sehat yang dianjurkan bagi wanita hamil. Mengonsumsi sereal yang kaya akan serat bisa membantu sistem pencernaan calon ibu. Seperti yang kita ketahui, pada masa kehamilan, wanita seringkali mengalami gangguan sistem pencernaan.

  1. Brokoli

Sayuran hijau yang disarankan selain bayam adalah brokoli. Brokoli tidak hanya nikmat disantap, tetapi juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Mengonsumsi brokoli ketika hamil bisa membantu menjaga kondisi janin tetap aktif.

  1. Susu low fat

Susu tanpa lemak adalah nutrisi yang disarankan bagi wanita hamil. Kandungan kalsium di dalamnya efektif untuk pembentukan tulang pada janin, serta menjaga kondisi ibu hamil dari kelelahan.

  1. Daging

Konsumsi daging secara rutin ketika Anda berada di masa kehamilan. Daging termasuk makanan penting untuk memenuhi kebutuhan protein dalam pembentukan energi bagi ibu hamil. Pilih daging tanpa lemak yang diolah hingga matang, untuk menghindari gangguan pencernaan.

  1. Buah pisang

Pisang merupakan buah kaya manfaat yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil. Pisang kaya akan kandungan magnesium serta fosfor sebagai sumber energi bagi ibu serta janin. Anda bisa mengonsumsi pisang dengan mencampurkannya bersama yogurt atau memakannya langsung. Buah pisang juga memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Keju

Makanan bernutrisi tinggi selanjutnya yang disarankan bagi ibu hamil adalah keju. Hampir setiap orang menyukai keju karena rasanya yang nikmat. Di samping itu, keju juga mengandung kalsium yang tinggi untuk membantu pembentukan dan penyempurnaan tulang pada ibu dan janin.

  1. Telur

Telur adalah makanan penuh gizi dan kaya protein. Telur bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan asam amino selama kehamilan. Anda bisa mengolah telur menjadi menu yang tidak membosankan seperti omelet sayur. Selain itu, Anda dapat mengonsumsinya langsung setelah direbus.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan praktis yang kaya akan nutrisi. Kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya mampu memberikan rasa kenyang cukup lama. Tidak hanya itu, oatmeal juga efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Itulah beberapa jenis makanan yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda selama masa kehamilan. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizi si kecil sejak masih di dalam kandungan agar ia dapat tumbuh sehat sampai lahir. Suplemen dan susu nutrisi ibu hamil bisa Anda beli di toko SehatQ.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *