Pasta Gigi Sensitif untuk Anak

Anak-anak memungkinkan memiliki gigi yang sensitif. Sehingga, Anda perlu memberikan pasta gigi sensitif untuk meredakan rasa sakitnya.

Secara umum gejala dan faktor penyebab gigi sensitif pada anak-anak relatif sama dengan orang dewasa. 

Apalagi anak-anak masih belum bisa disiplin seperti orang dewasa dalam merawat giginya. Lantas berakibat pada lahirnya gigi sensitif.

Konsumsi makanan atau camilan manis yang berlebihan bisa membuat gigi terkikis, retak atau bahkan berlubang.

Oleh sebab itu, jika sudah terlanjur memiliki gigi yang sensitif, Anda perlu memberikan perawatan menggunakan pasta gigi sensitif.

Pasta gigi sensitif memang didesain dan mengandung bahan khusus yang dapat meredakan rasa sakitnya.

Akan tetapi Anda harus cermat dalam memilih produk pasta gigi sensitif. Sebaiknya gunakan pasta gigi sensitif khusus untuk anak-anak.

Penyebab Gigi Sensitif pada Anak

Langkah pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Beberapa hal berikut ini merupakan penyebab gigi sensitif pada anak. Perlu Anda ketahui sebagai landasan pencegahan.

  • Tumbuhnya gigi baru. Hilangnya gigi susu untuk pertumbuhan gigi permanen terkadang bisa menyebabkan sensasi sensitif dan rasa sakit. Apalagi saat mengonsumsi makanan atau minuman panas serta dingin.
  • Kerusakan gigi. Gigi terkelupas atau bahkan berlubang setelah mengonsumsi makanan manis yang bertekstur keras dapat meningkatkan sensitivitas. Bakteri dapat mengiritasi gigi pada lapisan dentin yang terbuka.
  • Tidak teratur sikat gigi. Kecenderungan pada anak yang tidak suka menyikat gigi dapat menimbulkan enamel gigi terkikis. Jadi, menyebabkan lahirnya gigi sensitif.

Pasta Gigi Sensitif untuk Anak

Pasta gigi sensitif atau pasta gigi desensitisasi dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi sensitif anak.

Akan tetapi, Anda baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Agar tidak terjadi kesalahan dalam perawatan maupun memilih produk pasta giginya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan yakni jangan memberikan pasta gigi sensitif untuk anak yang belum berusia 3 tahun ke atas.

Anda harus memilih produk pasta gigi sensitif yang didesain khusus untuk anak. Salah satunya yang memiliki varian rasa disukai anak-anak. 

Secara umum pasta gigi sensitif mengandung bahan aktif tertentu. Berikut ini kandungan bahan pasta gigi sensitif yang mampu meredakan timbulnya rasa sakit.

  • Potassium nitrat. Merupakan bahan aktif yang mampu menghalangi penyaluran rasa sakit dari saraf gigi ke otak. 
  • Fluoride. Bahan ini dapat bekerja sebagai lapisan pelindung gigi dan membantu memperkuat enamel gigi.
  • Stronsium klorida. Bahan ini berguna untuk menghalangi terbukanya dentin pada gigi. Jadi, rangsangan dari sensasi panas dan dingin tidak bisa mencapai saraf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *