Pentingnya Pemeriksaan Hormon di RS Harapan Sehati

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada menunggu bulan demi bulan hingga dua garis merah muda itu muncul di testpack Anda. Berjuang dengan ketidaksuburan bisa menjadi pengalaman yang memilukan. Itulah sebabnya pemeriksaan hormon di RS Harapan Sehati sangat penting.

Salah satu hal yang dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil adalah ketidakseimbangan hormon. Beruntungnya, sekarang Anda sudah dapat melakukan tindakan sendiri dengan menggunakan tes hormon di rumah untuk mengetahui apakah kadar hormon Anda adalah sumber masalah ada sulitnya memiliki momongan.

Nda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim dokter di RS Harapan Sehati. Mereka akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang hormon-hormon utama yang dapat memengaruhi kesuburan dan menjelaskan cara menguji kadarnya.

Hormon utama yang memengaruhi kesuburan

Hormon di dalam tubuh memang sangat banyak, akan tetapi saat mencoba program hamil ada beberapa hormon penting yang sangat diperlukan. Di bawah ini, terdapat beberapa hormon kesuburan utama yang perlu Anda ketahui jika Anda menduga adanya ketidakseimbangan hormon dan memengaruhi kemampuan Anda untuk hamil. 

FSH 

FSH adalah hormon yang paling penting untuk kesuburan, FSH atau hormon perangsang folikel bertanggung jawab untuk menjaga keteraturan siklus dan menghasilkan telur yang sehat.

Luteinizing (LH)

Hormon luteinizing, mungkin terdengar familiar; ini adalah hormon yang diukur dalam alat prediksi ovulasi di rumah (OPK). LH adalah hormon yang memberi tahu tubuh Anda untuk melepaskan sel telur yang siap dibuahi.

AMH

Disebut juga sebagai hormon anti-Mullerian, bertanggung jawab untuk menjaga sel telur yang belum matang yang dimiliki tubuh Anda. Jika menemukan tes hormon yang mengukur cadangan ovarium Anda, atau berapa banyak telur yang tersisa, maka artinya Anda sedang mengukur kadar hormon AMH.

Progesteron 

Adalah pemain kunci baik dalam mempersiapkan tubuh untuk kehamilan ataupun untuk membantu kehamilan baru. Seringkali ketika seorang wanita mengalami keguguran berulang, penurunan kadar progesteron adalah penyebabnya.

Prolaktin

Jika Anda mengira bahwa hormon inilah yang mengatur produksi ASI, artinya Anda benar! Akan tetapi, hormon ini juga merupakan pemain kunci dalam memastikan siklus Anda tetap teratur, yang penting ketika mencoba untuk hamil.

T3 dan T4 

Banyak wanita tidak menyadari hal ini, tetapi hormon tiroid ini memiliki pengaruh besar pada kemampuan untuk hamil. Faktanya, kelenjar tiroid, organ reproduksi wanita, dan kelenjar adrenal terhubung secara rumit. Jika ada masalah dengan tiroid atau adrenal, hamil bisa menjadi tantangan. Kabar baiknya adalah tes ketidakseimbangan hormon untuk tiroid atau disfungsi adrenal dapat mengungkapkan masalah yang dapat dengan mudah diperbaiki dalam banyak kasus. Banyak wanita menemukan bahwa ketika tiroid mereka dibawa kembali ke kisaran hormon yang sehat, mereka dengan mudah hamil.

Penyebab ketidakseimbangan hormonal

Salah satu faktor yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon adalah gaya hidup yang buruk dan mengalami obesitas. Olahraga ekstrem juga dapat bermasalah karena lemak tubuh yang rendah dapat memengaruhi siklus menstruasi dan ovulasi wanita.

Kondisi medis yang mempengaruhi kelenjar tiroid dan adrenal juga dapat mempengaruhi hormon. Faktanya, tiroid sangat penting untuk mempertahankan kehamilan yang sehat sehingga dianggap sebagai salah satu penyebab terbesar ketidakseimbangan hormon pada wanita. Lain adalah PCOS, yang merupakan singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome. PCOS adalah suatu kondisi yang mempengaruhi antara 6% dan 12% wanita usia subur, menurut CDC. Ini ditandai dengan siklus tidak teratur, pertumbuhan rambut pola pria yang berlebihan, dan infertilitas.

Penyebab lain dari ketidakseimbangan hormon adalah sebagai berikut:

– Usia

– Obat-obatan tertentu

– Alergi makanan

– Paparan bahan kimia tertentu

Anda dapat segera melakukan pemeriksaan hormon di RS Harapan Sehati untuk mendapatkan pengobatan dan terapi lebih lanjut. Anda bisa langsung datang ke Jalan Tegar Beriman No. 9F, Bojong Baru, Kec. Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat 16920. RS Harapan Sehati buka setiap Senin – Minggu 00:00 – 23:59. Telepon terlebih dahulu sebelum janji temu untuk memastikan kehadiran dokter praktik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *