Ragam Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Topi Renang

Topi renang adalah salah satu perlengkapan renang yang kerap digunakan saat melakukan olahraga di dalam air. Meski kerap digunakan, banyak yang menganggap perlengkapan renang ini hanya memiliki fungsi untuk melindungi rambut agar rambut tetap kering dan tidak basah saat berada didalam air. Padahal, topi renang tak cuma dapat memberikan hal tersebut. Mulai dari mampu melindungi area telinga, mengurangi rambut rusak hingga terlepas, menjaga kepala agar tetap hangat, bahkan mendukung gerakan di dalam air agar lebih cepat merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapat saat menggunakan topi renang.

10 Topi Renang Terbaik dari Bermacam Merek dan Jenis

Melindungi  area telinga

Penggunaan topi renang mampu melindungi area telinga sebab telinga jadi tak terkena, kemasukan, ataupun tersumbat air saat  sedang berenang.  Saat bagian telinga  terlindungi akibat penggunaan topi renang, aktivitas renang yang dilakukan pun akan jadi lebih nyaman.

Mengurangi rambut yang terlepas saat basah

Bukan hal baru lagi jika rambut basah akibat terkena air, rambut-rambut yang tak kuat cenderung lebih mudah untuk rontok atau terlepas dari kulit kepala. Jika terus menerus terjadi, hal ini jelas sangat tidak baik bagi kesehatan keseluruhan rambut. Kemudian, rambut yang terlepas saat renang juga bisa tersangkut dan menyumbat filter air didalam kolam yang akhirnya membuat penurunan fungsi pada filter air. 

Melindungi rambut dari klorin

Klorin merupakan bahan kimia yang sering dimasukkan kedalam air untuk membantu mensterilkan air agar bebas dari kuman, bakteri, maupun mikrobiologi berbahaya yang terdapat pada kolam. Sayangnya, zat ini cukup keras dan dapat merusak rambut. Kandungannya mampu menghilangkan kelembaban alami rambut, membuat tekstur rambut jadi lebih kasar, rapuh, bercabang, hingga lebih keras saat dipegang. Penggunaan topi renang jelas mampu melindungi rambut dari efek buruk klorin sebab keseluruhan rambut jadi terlindung dari air yang sudah tercampur klorin sehingga rambut dapat tetap sehat dan terhindar dari kerusakan.  

Menjaga kepala agar tetap hangat

Penggunaan topi renang  saat berada di air yang dingin mampu membantu suhu tubuh dapat tetap hangat. Ini terjadi akibat suhu di kepala yang tetap terjaga karena penggunaan topi renang.  Panas yang terperangkap dalam topi membuat tubuh jadi lebih hangat sehingga membantu meminimalisir  rasa dingin saat berada di kolam. 

Membantu gerakan renang lebih cepat

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat saat menggunakan topi renang adalah meningkatkan kecepatan gerak dalam air. Topi renang yang Anda gunakan mampu meningkatkan kompresi sekaligus mengurangi hambatan sehingga perenang dapat lebih cepat bergerak ketika berada di dalam air.

Mencegah rambut mengenai ke wajah

Anda pasti pernah merasakan susahnya renang saat menggeraikan rambut, terlebih saat rambut sedang panjang. Rambut akan mudah terurai ke depan mengenai bahkan menutupi wajah dan akhirnya mengganggu kenyamanan dan penglihatan saat berada di bawah air. Penggunaan topi renang akan menutup seluruh bagian kepala sehingga tidak ada lagi rambut yang keluar saat Anda berada di dalam air.

Memudahkan perenang untuk terlihat

Mengenakan topi renang juga membuat Anda lebih mudah untuk terlihat saat berada di dalam air. Sebab setiap topi renang memiliki warna warna masing-masing akan membantu setiap perenang mudah terlihat dan ditandai. Hal ini sangat bermanfaat dalam kegiatan perlombaan karena pemenang lebih mudah ditemukan. 

Itulah beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan topi renang saat melakukan olahraga didalam air. Meski kerap dianggap memiliki fungsi yang tak terlalu penting, topi renang nyatanya berpengaruh untuk menunjang seluruh kegiatan renang Anda agar dapat lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *