Sering Dijadikan Penyegar, Ini Daftar Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan dasar pada minuman dan juga produk-produk perawatan tubuh. Kandungan jeruk nipis mampu memberikan sensasi rasa segar yang serupa dengan buah jeruk biasa. Meski ukurannya kecil, buah ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Banyak orang mengenal jeruk nipis sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Akan tetapi, selain vitamin C, sebenarnya masih ada banyak nutrisi lainnya yang terdapta dalam sebuah jeruk nipis.

Daftar kandungan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki rasa asam yang menyengat, bahkan terkadang lebih menyengat dibanding buah jeruk biasa. Akan tetapi, di balik rasa menyengat itu, ada kandungan-kandungan sehat di dalamnya.

Secara garis besar, satu buah jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi berupa:

  • Vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis sudah tidak diragukan lagi. Kandungan ini termasuk kandungan yang paling populer pada buah ini. Satu buah jeruk nipis mampu menyediakan vitamin C sebesar 20% dari kebutuhan harian Anda.

Vitamin C mampu membantu proses pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tubuh, seperti mempercepat penyembuhan luka dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

  • Karbohidrat

Kandungan jeruk nipis lainnya adalah karbohidrat yang juga bermanfaat bagi tubuh. Dalam satu buah jeruk nipis, hanya terdapat 7 gram karbohidrat, sehingga jumlahnya tidak terlalu berlebihan.

Karena kadar karbohidratnya yang sedikit, mengonsumsi jeruk nipis tidak akan berdampak pada kadar gula darah Anda. Di antara 7 gram karbohidrat pada jeruk nipis, 2 gram di antaranya adalah serat.

  • Serat

Di dalam satu buah jeruk nipis terdapat kurang lebih 1,9 gram serat. Serat berfungsi untuk menyehatkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan ini juga membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol.

Kandungan serat di dalam jeruk nipis berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, serat dan vitamin C dalam jeruk nipis mampu menurunkan resiko penyakit jantung yang berdampak pada kematian.

  • Protein

Terdapat 0,5 gram protein di dalam satu buah jeruk nipis. Protein ini berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kolagen.

Kolagen adalah protein yang juga berperan dalam mendukung elastisitas dan kekuatan kulit. Karena itu, kandungan ini juga bisa membantu membawa dampak positif pada kesehatan kulit Anda. Hal ini jugalah yang membuat jeruk nipis banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan perawatan kulit.

  • Zat besi

Jeruk nipis juga memiliki kandungan zat besi sebesar 2% di dalamnya. Sebagai buah dengan kandungan zat besi yang tinggi, jeruk nipis cocok dikonsumsi untuk menurunkan resiko penyakit kekurangan zat besi.

Kandungan zat besi sebenarnya lebih banyak ditemukan pada daging. Karena itu, banyak orang-orang vegetarian yang kekurangan zat besi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa meningkatkan konsumsi jeruk nipis sebagai pengganti sumber zat besi.

  • Kalsium

Kalsium merupakan kandungan jeruk nipis yang berkontribusi dalam mengatasi masalah pada ginjal. Gangguan pada organ ginjal, salah satunya batu ginjal, bisa dihindari dengan asupan kalsium yang didapat dari jeruk nipis.

Jeruk nipis memiliki kandungan kalsium sebesar 2%. Menurut penelitian, orang yang lebih banyak mengonsumsi jeruk nipis memiliki resiko terkena batu ginjal yang lebih rendah secara signifikan.

Itulah kandungan jeruk nipis yang membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda bisa menjadikan jeruk nipis sebagai salah satu buah yang dikonsumsi secara rutin sebagai bagian dari makanan atau minuman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *