Sidola, Minyak Kayu Putih yang Banyak Kegunaan

Bagi para orang tua, minyak kayu putih sudah menjadi barang yang sering mereka gunakan untuk Si Kecil. Minyak kayu putih memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan baik untuk orang dewasa dan anak-anak. 

Sidola, salah satu merupakan salah satu produk minyak kayu putih yang dibuat dari bahan alami. Nah, kali ini akan dibahas tentang manfaat dan kegunaan dari minyak putih itu sendiri. 

Minyak kayu putih Sidola

Minyak kayu putih Sidola dibuat dari bahan alami pilihan. Minyak kayu putih (oleum cajuputi) yang diekstrak dari daun dan ranting kayu putih (melaleuca sp.). Tumbuhan ini dapat hidup di tanah tandus, tahan panas, dan dapat bertunas kembali setelah terjadi kebakaran. 

Ciri-ciri pohon kayu putih mempunyai tinggi berkisar antara 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Kayu putih memiliki batang pohon yang tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung ke bawah. Memiliki daun tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek. Daun kayu putih bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih. 

Manfaat dan kegunaan minyak kayu putih 

  1. Meredakan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Anda dapat menggosokkan atau mengoleskan minyak kayu putih ke dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk dari flu atau pilek. 

  1. Membersihkan dada Anda

Batuk seringkali menyebabkan adanya lendir di dada atau tenggorokan Anda. Minyak kayu putih tidak hanya dapat meredakan batuk, tetapi juga membantu mengeluarkan lendir dari dada Anda. Menghirup uap yang terbuat dari minyak kayu esensial dapat mengencerkan lendir saat Anda batuk, dan lendir akan keluar. Menggunakan olesan yang mengandung minyak kayu putih akan menghasilkan efek yang sama. 

  1. Menjauhkan serangga

Nyamuk dan serangga penggigit lainnya membawa penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. Minyak kayu putih yang digunakan untuk menghindari Anda dari gigitan serangga.  Selain itu, minyak kayu putih membantu mencegah gigitan nyamuk dan mengurangi gatal-gatal. Aroma kuat dari kayu putih yang tidak disukai serangga menghindari dari gigitan serangga, serta membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga. 

  1. Disinfeksi luka

Suku Aborigin Australia menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Saat ini, minyak yang diencerkan masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih.

  1. Bernapas dengan mudah

Kondisi pernapasan seperti asma dan sinusitis dapat terbantu dengan menghirup uap dengan tambahan minyak kayu putih. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi juga membantu melonggarkannya sehingga Anda bisa batuk. 

Mungkin juga kayu putih menghalangi gejala asma. Di sisi lain, bagi orang yang alergi terhadap kayu putih, dapat memperburuk asma mereka. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan bagaimana kayu putih mempengaruhi penderita asma. 

  1. Mengontrol gula darah

Minyak kayu putih berpotensi sebagai pengobatan diabetes. Meskipun kami tidak tahu banyak saat ini, para ahli percaya bahwa hal ini mungkin berperan dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Para peneliti belum mengetahui cara kerja minyak kayu putih. Namun, hingga lebih banyak diketahui, komunitas ilmiah merekomendasikan pemantauan gula darah yang cermat bagi orang yang menggunakan obat diabetes dengan minyak kayu putih. 

  1. Meredakan herpes mulut

Sifat anti-inflamasi kayu putih dapat meredakan gejala herpes. Mengoleskan minyak kayu putih ke herpes mulut atau sariawan dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat menggunakan salep kayu putih yang dijual bebas untuk herpes mulut yang menggunakan campuran minyak esensial, termasuk eukaliptus, sebagai bagian dari daftar bahan aktifnya. 

Begitu banyak manfaat dan kegunaan minyak kayu putih di atas tentu membuat Anda ingin menyimpan persediaan kayu putih Sidola di rumah. Namun, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *