Efek Samping Bubuk Suplemen Penambah Berat Badan

Efek Samping Bubuk Suplemen Penambah Berat Badan

Walaupun penurunan berat badan merupakan tujuan yang umum terjadi bagi banyak orang, namun sesungguhnya ada beberapa orang lainnya juga ingin menambah berat badan. Beberapa orang mengonsumi suplemen penambah berat badan sebagai jalan pintas mencapai tujuan ini.

Ada beberapa alasan yang umum lainnya yaitu untuk meningkatkan fungsi sehari-hari seperti terlihat lebih berotot serta meningkatkan tubuh yang atletis 

Terkadang bagi Anda yang ingin menambah berat badan harus fokus dalam penambahan otot. 

Sedangkan makanan serta olahraga yang seimbang menjadi hal penting agar mendapatkan otot, suplemen penambah berat badan juga bisa membantu dalam menyediakan kalori serta protein.

Minuman Nutrisi Tambahan

Dari semua produk penambah berat badan yang ada di pasaran, minuman nutrisi tambahan mungkin yang paling aman. Dijual di bawah nama merek seperti Pastikan atau Boost, mereka ditemukan di rak supermarket. Menurut Harvard Health, minuman membantu orang yang baru sembuh dari penyakit, memiliki nafsu makan yang buruk atau mengalami kesulitan mengunyah.

Minuman nutrisi tambahan memberikan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang seimbang. Beberapa dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada kondisi tertentu seperti kanker, diabetes, atau penyakit ginjal. Produk memiliki beberapa kelemahan, tetapi kelebihannya lebih besar daripada kekurangannya pada orang yang sulit untuk makan.

Salah satu masalahnya adalah minuman tersebut mengandung sedikit gula. Sementara gula ekstra dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang merupakan tujuannya, pada beberapa orang, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan yang terlalu banyak. Hal ini meningkatkan risiko kondisi yang berhubungan dengan kelebihan berat badan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Pada orang yang mampu makan, kalori ekstra mungkin terlalu berisiko, kata Harvard Health.

Kekhawatiran lain adalah bahwa nutrisi yang berasal dari makanan tidak dapat dibandingkan dengan nutrisi yang berasal dari makanan. Meskipun banyak minuman yang diperkaya dengan vitamin dan mineral, mereka kekurangan beberapa nutrisi yang ditemukan dalam makanan. 

Alternatif yang lebih sehat adalah dengan membeli shake berbahan dasar makanan, yang dapat ditemukan di bagian berpendingin di supermarket. Mereka kurang diproses dan mengandung lebih sedikit gula tambahan. Keuntungan lain adalah bahwa mereka tidak mungkin memiliki jumlah vitamin yang berlebihan atau bahan-bahan yang tidak perlu, yang terkandung dalam minuman kaleng.

Efek Samping Bubuk Protein

Beberapa efek samping penambah berat badan dan efek samping penambah massa berasal dari kandungan protein. Atlet dan orang yang ingin menambah berat badan cenderung berpikir konsumsi protein ekstra akan meningkatkan massa otot. MedlinePlus mengatakan ini sebenarnya mitos: hanya latihan kekuatan yang membangun otot.

Makan makanan berprotein tinggi secara berlebihan terkait dengan serangkaian efek kesehatan negatif, jadi mengonsumsi suplemen protein atau mengonsumsi lebih dari asupan protein yang direkomendasikan dalam makanan tidak dianjurkan.

Mengkonsumsi suplemen penambah berat badan protein dalam jangka panjang memiliki konsekuensi yang merugikan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Metabolism pada April 2019. Ditemukan bahwa produk tersebut menyebabkan ketidakseimbangan asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein. Konsekuensinya termasuk makan berlebihan, obesitas dan umur panjang yang lebih rendah.

Dalam Journal of Dietary Supplements mengatakan manfaat suplemen protein telah menyebabkan penggunaan berlebihan. Setelah menganalisis pro dan kontra, mereka mengatakan bahwa produk tersebut seringkali tidak mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan. Orang harus mendapatkan protein dari makanan kecuali jumlah yang cukup tidak tersedia dalam makanan, mereka menyimpulkan.

Harvard Health melaporkan masalah tambahan yang terkait dengan suplemen protein. Beberapa produk memiliki sumber protein berbasis susu, yang dapat menyebabkan gangguan usus pada orang yang tidak toleran laktosa atau memiliki alergi makanan susu.

Penelitian telah menemukan berbagai racun dan kontaminan dalam bubuk protein, catat Harvard. Ini termasuk logam berat, seperti timbal, merkuri dan arsenik, bersama dengan pestisida dan bisphenol-A, bahan kimia yang terkait dengan kanker.

Efek Samping Creatine

Creatine, asam amino yang disimpan dalam otot, kadang-kadang ditambahkan ke penambah massa otot. Produsen mengklaim itu meningkatkan energi, jadi itu menarik bagi binaragawan dan atlet. Tetapi studi tentang kemanjurannya menunjukkan hasil yang tidak konsisten, catat Mayo Clinic.

Ketika diambil pada dosis yang dianjurkan, creatine dianggap aman. Efek samping termasuk pusing, mual, dehidrasi, demam, retensi air, kram otot, diare, intoleransi panas, penambahan berat badan dan nyeri gastrointestinal. Suplemen juga dapat memperburuk mania pada penyakit bipolar. Ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi, creatine dapat merusak ginjal, jantung dan hati, kata Mayo Clinic.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengungkapkan jumlah orang dewasa yang kurus berusia 20 sampai 39 tahun di negara tersebut menurun dari 3 persen menjadi 1,9 persen dalam rentang waktu 1988 hingga 2008.

Seseorang yang kekurangan berat badan kemungkinan besar akan mengalami masalah kesehatan, antara lain:

  • ketidaksuburan
  • keterlambatan perkembangan
  • sistem kekebalan yang melemah
  • osteoporosis
  • peningkatan risiko komplikasi selama operasi
  • malnutrisi

Makanan penambah berat badan

Sedangkan dalam menambah berat badan dapat menjadi sesuatu perjuangan, maka itu makanan seperti berikut ini bisa membantu. Meningkatkan otot juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Beras

Sepiring nasi dapat terkandung kurang lebih 200 kalori, selain itu nasi juga menjadi sumber karbohidrat yang baik, serta memiliki kontribusi untuk penambahan berat badan. Bagi banyak orang bisa dengan mudah memasukkan nasi ke dalam makanan yang terkandung protein serta sayuran. 

Daging

Mengonsumsi daging telah terbukti untuk membangun otot serta menambah berat badan. 

Steak ini mempunyai kandungan leusin serta creatin, nutrisi ini memiliki peran penting untuk meningkatkan massa otot. Steak serta daging mempunyai kandungan protein dan lemak yang bisa meningkatkan berat badan. 

Sedangkan beberapa orang disarankan untuk membatasi konsumsi asupan daging, potongan daging yang tipis lebih sehat dibandingkan potongan yang berlemak. 

Kacang dan mentega kacang

Mengonsumsi kacang secara teratur bisa membantu dalam menambah berat badan secara aman. Kacang merupakan camilan yang enak serta bisa ditambahkan dengan berbagai makanan seperti salad. Kacang panggang yang mentah maupun kering mempunyai manfaat kesehatan yang banyak. 

Selai kacang yang dibuat tanpa adanya tambahan gula maupun minyak bisa membantu. Salah satunya bahan di dalam mentega ini merupakan kacangnya sendiri. 

Suplemen protein

Apabila Anda seorang atlet yang ingin menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen penambah berat badan protein bisa meningkatkan protein massa otot, namun juga ditambah dengan latihan. 

Suplemen protein tersedia untuk dibeli secara online. Itulah cara yang murah dalam mengonsumsi lebih banyak kalori serta menambah berat badan. 

Ikan salmon

Enam ons salmon yang mengandung sekitar 240 kalori, serta salom yang memiliki kaya lemak sehat ini jadi pilihan baik untuk mereka yang ingin menambah berat badan. 

Ikan salmon ini juga memiliki kandungan yang banyak nutrisi termasuk dengan omega-3 dan protein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *