Swab PCR adalah Metode Ampuh Deteksi Covid-19

—- 

Polymerase chain reaction atau swab PCR adalah adalah cara yang cepat dan sangat akurat untuk mendiagnosis penyakit menular tertentu dan perubahan genetik. Swab PCR tersebut bekerja dengan menemukan DNA atau RNA patogen (organisme penyebab penyakit) atau sel abnormal dalam sampel.  

Sebagai informasi, DNA adalah materi genetik yang berisi instruksi dan informasi untuk semua makhluk hidup. Sementara itu, RNA adalah jenis materi genetik lainnya. Ini berisi informasi yang telah disalin dari DNA dan terlibat dalam pembuatan protein. Kebanyakan virus dan patogen lainnya mengandung DNA atau RNA.  

Tidak seperti banyak tes lainnya, tes PCR dapat menemukan bukti penyakit pada tahap awal infeksi. Sementara itu, tes lain mungkin melewatkan tAnda-tAnda awal penyakit karena tidak ada cukup virus, bakteri, atau patogen lain dalam sampel, atau tubuh Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengembangkan respons antibodi.  

Antibodi adalah protein yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk menyerang zat asing, seperti virus dan bakteri.  Swab PCR dapat mendeteksi penyakit ketika hanya ada sedikit patogen di tubuh Anda. 

Kegunaan malaksanakan tes swab PCR adalah untuk mendiagnosis penyakit menular tertentu seperti Covid-19, mengidentifikasi perubahan genetik yang dapat nengakibatkan penyakit, hingga menemukan sejumlah kecil sel kanker yang mungkin terlewatkan dalam jenis tes lainnya. 

Apa saja gejala Covid-19? 

Lakukan tes jika Anda memiliki gejala. Tes yang harus Anda pesan adalah tes swab PCR karena tes tersebut bisa mendeteksi materi genetik virus dan merupakan tes virus korona yang paling hAndal.

Anda harus diuji dalam 3 hari pertama gejala muncul, meskipun pengujian efektif hingga hari ke-5. Anda biasanya tidak akan diuji setelah hari ke-5 kecuali karena alasan tertentu.  Ini akan disepakati berdasarkan kasus per kasus. 

Anda juga harus memesan segera melaksanakan tes swab PCR jika:

  • Anda telah diminta untuk menjalani tes oleh pemerintah, tim perlindungan kesehatan, atau ahli kesehatan Anda
  • Anda telah diminta untuk mendapatkan tes untuk mengonfirmasi hasil tes perangkat aliran lateral (LFD) positif
  • Anda memiliki 2 atau lebih hasil LFD yang tidak valid
  • Anda telah diidentifikasi sebagai kontak dekat melalui Test and Protect atau aplikasi Protect Scotland, atau mengetahui bahwa Anda adalah kontak dekat dengan cara lain
  • Anda telah diminta untuk mendapatkan tes oleh perawat, pekerjaan, atau tempat pendidikan Anda

Jika Anda tidak memiliki gejala, dan Anda tidak diminta untuk melakukan tes karena salah satu alasan ini, Anda bisa mendapatkan tes perangkat aliran lateral (LFD).

Jika Anda adalah kontak dekat dari seseorang yang telah dites positif

  • Anda harus memesan tes PCR sesegera mungkin jika Anda adalah kontak dekat dari seseorang yang telah dites positif.
  • Jika Anda adalah kontak dekat tetapi Anda sudah dites positif dalam 90 hari terakhir, Anda tidak boleh dites kecuali Anda sendiri yang mengembangkan gejala baru. 

Apa saja metode umum dalam swab PCR? 

Swab PCR adalah metode terbaik yang paling efektif untuk mengidentifikasi banyak penyakit menular, termasuk Covid-19 dan Ebola. Karena mereka sering dapat membuat diagnosis sebelum gejala infeksi terjadi, tes Swab PCR memainkan peran penting dalam mencegah persebaran penyakit. 

Ada berbagai cara untuk mendapatkan sampel untuk tes PCR. Metode umum termasuk tes darah dan swab melalui lendir yang ada di hidung.

Selama melakukan tes darah bagi seseorang yang menjalanin tes, tenaga kesehatan akan mengambil sampel darah dari vena di lengan Anda dengan menggunakan jarum kecil. Setelah memasukkan jarum pada lengan, sejumlah darah akan dimasukkan ke dalam tabung reaksi atau vial dan akan dianalisis. Efeknya, kemungkinan Anda merasa sedikit tersengat saat jarum masuk atau keluar. 

Nasal swab test dapat diambil dari bagian depan lubang hidung Anda (nares anterior). Hal itu juga dapat diambil dari bagian belakang lubang hidung Anda, dalam prosedur yang dikenal sebagai nasal mid-turbinate (NMT), atau dari nasofaring, bagian paling atas dari hidung dan tenggorokan Anda.  

Dalam beberapa kasus, penyedia layanan kesehatan akan meminta Anda untuk melakukan tes nares anterior atau swab NMT sendiri. Selama tes nares anterior atau swab NMT, Anda akan mulai dengan memiringkan kepala ke belakang.  Kemudian Anda atau penyedia akan:

  • Masukkan kapas dengan lembut ke dalam lubang hidung Anda
  • Putar swab dan biarkan di tempatnya selama 10 hingga 15 detik
  • Lepaskan swab dan masukkan ke lubang hidung kedua Anda
  • Swab lubang hidung kedua menggunakan teknik yang sama
  • Hapus swabnya 

Apa yang dilakukan selama swab nasofaring?

  • Memiringkan kepala Anda ke belakang.
  • Penyedia layanan kesehatan Anda akan memasukkan swab ke dalam lubang hidung Anda sampai mencapai nasofaring (bagian atas tenggorokan Anda).
  • Tenaga medis Anda akan memutar swab dan menghapusnya.

Apakah ada risiko untuk tes swab PCR? 

Ada, namun risiko yang sangat kecil ketika melakukan tes darah.  Anda mungkin mengalami sedikit rasa sakit atau memar di tempat jarum dimasukkan, tetapi tidak usah khawatir karena sakit itu hanya sementara.

Swab di dalam hidung dapat menggelitik tenggorokan Anda atau menyebabkan Anda batuk.  Swab nasofaring mungkin tidak nyaman dan menyebabkan batuk atau tersedak.  Semua efek ini bersifat sementara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *